Ada Terowongan Kembar Terpanjang di Tol Cisumdawu, Bandung-Cirebon Cuma 40 Menit

Ada Terowongan Kembar Terpanjang di Tol Cisumdawu, Bandung-Cirebon Cuma 40 Menit

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmikan tol Cisumdawu dan mempersingkat Bandung-Cirebon Cuma 40 Menit . Foto: PUPR Instagram--

Ada Terowongan Kembar Terpanjang di Tol Cisumdawu, Bandung-Cirebon Cuma 40 Menit 

OKES.NEWS- Ada terowongan kembar. Waw, ini salah satu daya tarik di tol yang baru diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), di dampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Tol yang diresmikan presiden itu ruas tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang membentang sepanjang 61,6 kilometer pada Selasa, 11 Juli 2023 .  

Ya, supaya lebih menarik dan keren,  peresmian ini berlangsung di depan ikon terowongan kembar (Twin Tunnel) pada Seksi 2 Jalan Tol Cisumdawu. 

Terowongan kembar (Twin Tunnel) ini panjang mencapai 472 meter. Jadi menjadi satu-satunya menjadi terowongan terpanjang pertama di Indonesia.

Usai peresmian Presiden Joko Widodo menandatangani prasasti.Tampak hadir dalam acara tersebut adalah Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

BACA JUGA:Ada Satwa Liar yang Bisa Dinikmati Pengguna Jalan di Ruas Tol Sibanceh, Sigli-Banda Aceh

Hadir jga Gubernur Jawa Barat H Ridwan Kamil, serta Direktur Utama PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) Jusuf Hamka.

Presiden Jokowi mengungkapkan kegembiraannya atas penyelesaian Jalan Tol Cisumdawu yang siap untuk dioperasikan. 

Jalan tol ini menghubungkan kota Bandung melalui Jalan Tol Cipularang dan juga terhubung dengan Jalan Tol Cipali.

Dikutip dari laman pu.go.id, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa pembangunan Jalan Tol Cisumdawu telah dimulai sejak tahun 2011, sehingga membutuhkan waktu selama 12 tahun untuk diselesaikan.

Presiden Jokowi juga menyebutkan bahwa pembangunan Jalan Tol Cisumdawu menghadapi beberapa tantangan, terutama dalam hal pembebasan lahan.

BACA JUGA:Lewat Tol Sibanceh Seperti Melintasi Keindahan Hutan: Tol yang Menyediakan Terowongan Satwa Gajah Sumatera

Total anggaran yang digunakan untuk pembangunan ini mencapai Rp. 18,3 triliun, dengan kontribusi sebesar Rp. 9,07 triliun dari pemerintah dan sisanya berasal dari swasta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: