Hore Kini Kecamatan Belitang Bisa Mandiri Cetak Dokumen Kependudukan

Hore Kini Kecamatan Belitang Bisa Mandiri Cetak Dokumen Kependudukan

TEKS: POSE: Kepala Disdukcapil Kabupaten OKU Timur, H Mursal berpose di depan mesin ADM. (Foto: ist) --

Kini Bisa Mandiri Cetak Dokumen Kependudukan

MARTAPURA- OKES.NEWS- Masyarakat di Kabupaten OKU Timur kini memiliki kemudahan dalam mencetak dokumen kependudukan. Yakni melalui Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang beroperasi di Mall Pelayanan Publik di Kecamatan Belitang.

ADM merupakan inisiatif dari Pemerintah Kabupaten OKU Timur, melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), untuk meningkatkan pelayanan publik. Terutama dalam pengurusan dokumen kependudukan. 

Kepala Disdukcapil Kabupaten OKU Timur, H Mursal, menyatakan bahwa ADM adalah bentuk kemudahan pemerintah bagi masyarakat.

Pengoperasian MPP dan ADM di Desa Gumawang, Kecamatan Belitang, Kabupaten OKU Timur, diluncurkan oleh Bupati OKU Timur H Lanosin dan Wakil Bupati HM Adi Nugraha Purna Yudha pada 31 Juli 2023.

Mursal menegaskan bahwa ADM adalah komitmen Bupati OKU Timur untuk meningkatkan pelayanan di masyarakat. 

BACA JUGA:Cek Syarat Formasi CPNS dan PPPK 2023 Bentuk PDF yang Bisa Didownload, Simak Penjelasannya disini

“Untuk menggunakan ADM, masyarakat harus telah mengaktifkan Identitas Kependudukan Digital (IKD) melalui aplikasi di hp android,” kata H Mursal.

Dia berharap kehadiran ADM dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya dokumen kependudukan, karena dokumen tersebut diperlukan dalam berbagai pelayanan publik. 

“Saat ini, ADM dapat mencetak kartu identitas anak dan kartu keluarga, sementara e-KTP masih dalam pengembangan,” tambah Mursal.

Mursal mengimbau kepada masyarakat di Kabupaten OKU Timur, khususnya di Kecamatan Belitang dan sekitarnya, untuk melengkapi dokumen kependudukan mereka. 

BACA JUGA:Kasus Pengeroyokan di Kafe Karaoke Baturaja, 1 Ditangkap 3 DPO

“Meskipun saat ini mungkin belum dirasa perlu, tetapi memiliki dokumen kependudukan yang lengkap akan siap digunakan jika diperlukan di masa mendatang,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: