Gaji ASN Naik Berpotensi Dongkrak Ekonomi dan UMKM

Gaji ASN Naik Berpotensi Dongkrak Ekonomi dan UMKM

H Lanosin (Foto: Kholid/Sumeks)--

MARTAPURA- OKES.NEWS, Presiden Jokowi, mengumumkan dalam pidatonya di Rapat Paripurna DPR RI, Rabu (16/8) bahwa pemerintah pusat berencana menaikkan gaji ASN pusat dan daerah mulai tahun depan. Rencananya, gaji ASN, TNI, dan Polri akan mengalami kenaikan sebesar 8 persen, sementara pensiunan akan mendapatkan kenaikan sebesar 12 persen.

Bupati OKU Timur, H Lanosin, memberikan tanggapan positif terhadap rencana kenaikan gaji ASN tersebut. Menurutnya, kenaikan gaji ini telah dinantikan oleh para ASN, terutama karena selama kurang lebih 10 tahun gaji ASN tidak mengalami peningkatan. 

H Lanosin berpendapat bahwa efek dari kenaikan gaji ASN ini tidak hanya dirasakan oleh ASN itu sendiri, tetapi juga akan berdampak positif bagi masyarakat secara luas. 

BACA JUGA:Diumumkan Jokowi, Gaji PNS, TNI, dan Polri Naik Pada 2024, Berikut Rinciannya

Lanosin meyakini bahwa kenaikan gaji akan meningkatkan daya beli dan pada gilirannya akan mendukung pertumbuhan ekonomi rakyat. 

H Lanosin berharap bahwa dengan adanya peningkatan gaji ASN, sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di OKU Timur akan mengalami peningkatan.

“Dimana pada akhirnya akan membantu UMKM untuk meningkatkan pendapatan dan memberikan manfaat bagi para karyawan yang bekerja di UMKM tersebut,” kata Lanosin.

Terkait implementasi kenaikan gaji di tingkat pemerintah daerah, H Lanosin mengungkapkan bahwa mereka masih menunggu petunjuk resmi dari pemerintah pusat dalam bentuk PMK (Peraturan Menteri Keuangan). 

Di sisi lain, seorang ASN di Lingkungan Pemkab OKU Timur bernama Tomi merasa senang mendengar kabar kenaikan gaji tersebut. 

BACA JUGA:Mantap Gaji PNS Naik 10 kali Lipat Pada 2024, Berikut ini Daftar Lengkap Besaran Gaji PNS Pergolongan

Ia mengingatkan bahwa selama kepemimpinan Jokowi, kenaikan gaji seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya. Bahkan sudah berlangsung puluhan tahun. 

Meskipun kenaikan sebesar 8 persen dianggap tidak terlalu besar, Tomi merasa bersyukur karena ini berarti ia akan mendapatkan tambahan gaji sekitar Rp 180 ribu, yang dianggapnya sebagai hal yang positif. “Alhamdulillah kalau ada kenaikan gaji,” pungkasnya. (lid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: