Aceh- Sumatera Utara Tuan Rumah POPNAS XVII 2025

Aceh- Sumatera Utara Tuan Rumah POPNAS XVII 2025

Penyerahan bendera Popnas kepada tuan rumah Popnas XVII, Aceh dan Sumatera Utara-Budiman/Sumeks-

Aceh- Sumatera Utara Tuan Rumah POPNAS XVII 2025

PALEMBANG, OKES.NEWS - Event Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) berjalan sukses.

Penutupan Popnas XVI 2023 di Sumsel digelar di Dining Hall Jakabaring Sport City, Minggu (3/9) malam.

Pada penutupan tersebut, juga dilakukan penyerahan bendera Popnas kepada perwakilan Aceh dan Sumatera Utara.

Penyerahan bendera tersebut sebagai tanda Provinsi Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) menjadi tuan rumah Popnas XVII 2025 nanti.

BACA JUGA:Hasil Akhir Popnas XVI 2023: Sumsel Lampaui Target, DKI Jakarta Juara Umum

“Penyelenggaraan Popnas XVI di Sumsel berjalan dan diselenggarakan dengan baik. Ini semua tidak lepas dari kerja sama semua pihak,” kata Asisten Deputi Sentra Pembinaan Olahraga Prestasi Kemenpora RI sekaligus Sekjen PP Bapopsi, Bayu Rahardian, saat penutupan Popnas XVI.

Baik itu Kementerian Pemuda dan Olahraga, kemudian Pemprov, lalu pengurus , kontigen, offical, atlet, serta perangkat pertandingan dan seluruh pihak yang terlibat. “treimakasih atas semua dukungannya,” imbuh Bayu.

Dalam kempatan tersebut, Bayu juga tak lupa mengucapkan terimakasih kepada tuan rumah Sumsel, terutama Gubernur Sumsel, Herman Deru beserta  jajaran lantaran telah melaksanakan Popnas XVI dengan sangat baik.

“jadi, jika melihat hasil dari prestasi yang didapat di Popnas XVI, Sumsel sukses prestasi juga sukses menjadi ptuan rumah atau penyelenggaraan,” tambah Bayu.

BACA JUGA:Update Perolehan Medali Popnas XVI, Sumsel Peringkat 6, DKI Jakarta Puncaki Klasemen

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Sumatera Selatan (Sumsel), A Supriono mengungkapkan Popnas XVI diikuti 6.495 atlet dari 34 provinsi dan mempertandingkan 22 cabang olahraga (cabor).

“Selamat kepada Provinsi Aceh dan Sumatera Utara sebagai tuan rumah Popnas XVII pada 2025 mendatang,” ujar A Supriono.

Sementara, perolehan medali Sumsel sukses melampaui target yang telah ditentukan. Dimana sebelumnya ditargetkanmasuk 10 besar.

Namun, Sumsel sukses masuk 6 besar. Sekaligus menjadi peringkat pertama untuk kontingen di luar Pulau Jawa.

BACA JUGA:Ini Pesan Menpora Saat Membuka Resmi POPNAS XVI 2023

“Alhamdulillah kami bersyukur dengan prestasi ini. Mengingat sebagai tuan rumah, kami juga konsen menyiapkan diri sebagai penyelenggara yang baik,” kata Ketua Kontingen Sumsel pada POPNAS XVI, Ir Basyaruddin Ahmad MSc.

Sumsel menempati peringkat enam setelah mengoleksi total medali 50. Terdiri dari 10 emas, kemudian 16 perak dan 24 perunggu.

Jumlah tersebut sesuai update dari website rsmi Popnas XVI hingga Minggu (03/09/2023) hingga pukul 18:37:51 WIB.

Dari keterangan yang tercantum di website, data tersebut masih bersifat sementara, bisa berubah sewaktu-waktu sebelum difinalkan dalam dokumen resmi.

BACA JUGA:Logo dan Maskot POPNAS XVI di Launching, Ini Kata Gubernur Sumsel Jelang 30 Hari Pelaksanaan

Sementara juara umum direbut oleh Provinsi DKI Jakarta. Dengan total perolehan medali 180. Meliputi 84 emas, 49 perak, dan 47 perunggu. (gsm)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: