Kenalkan Kain Bidak dan Angkinan Event Pameran Kerajinan Nusantara Kriyanusa JCC

Kenalkan Kain Bidak dan Angkinan Event Pameran Kerajinan Nusantara Kriyanusa JCC

PAMERAN: Pemkab OKU Timur kenalkan kain bidak dan kain angkinan pada event pameran kerajinan nusantara Kriyanusa di Jakarta Convention Center (JCC). (Foto: ist)--

Kenalkan Kain Bidak dan Angkinan event pameran kerajinan nusantara Kriyanusa JCC

JAKARTA- OKES.NEWS, Pemerintah Kabupaten OKU Timur (OKUT) melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) terus gencar mengenalkan kain tradisional kas daerahnya yakni kain bidak dan kain angkinan. Baik di level lokal bahkan nasional. 

Kali ini, kain bidak dan kain angkinan dikenalkan pada event pameran kerajinan nusantara Kriyanusa.

Event sendiri digelar dari 13 hingga 17 September 2023 di Jakarta Convention Center (JCC).

BACA JUGA:Desain Batik Haji Indonesia Bakal Diganti, 422 Peserta Sudah Mendaftar Karya Desainnya

Itu dilakukan sebagai bentuk sosialisasi dan memperkenalkan pakaian kain bidak dan angkinan kepada masyarakat luas. 

Kain  bidak merupakan khas asli pesisir Komering, OKU Timur. "Dimana selama ini sudah hilang di peredaran. Sekarang kami akan angkat lagi kain  tradisional ini, dan dikenalkan ke masyarakat dengan ada peningkatan mutu,” kata Kepala Disdagperin OKU Timur, H Amin Zen SKM SE MM didampingi Ketua Tim, Irwansyah ST, Rabu (13/8).

Amin Zen  menjelaskan, kain bidak ini zaman dulu memiliki kedudukan yang tinggi bagi masyarakat adat sepanjang aliran Way Komering. Kain ini hanya dipakai oleh keluarga kalangan ningrat atau keluarga kepala marga.

BACA JUGA:Beneran Deh!, Pinjam Uang di OVO Bisa Limit Hingga Rp10 Juta Langsung Dalam Genggaman Kita

“Dan pemakaiannya untuk acara-acara resmi tertentu. Seperti acara pernikahan, cakak pepadun atau pengangkatan kepala marga,” urainya. 

Diketahui, event Kriyanusa sendiri merupakan pameran kerajinan berskala nasional yang diselenggarakan setiap tahun oleh Dekranas.

Tujuannya untuk  melestarikan dan mengembangkan hasil produk kriya Indonesia. Event ini juga untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan perluasan pasar kriya. (gsm)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: