Kebakaran lahan nyaris bakar empat rumah warga di Ogan Ilir

Kebakaran lahan nyaris bakar empat rumah warga di Ogan Ilir

--

Kebakaran lahan nyaris bakar empat rumah warga di Ogan Ilir

OGAN ILIR,- OKES.NEWS,  Kebakaran lahan yang terjadi di Desa Ibul Besar Satu, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatra Selatan, Kamis (14/9/2023), sempat mengancam empat rumah warga.

Api yang berasal dari lahan kosong di sekitar pemukiman warga tersebut dengan cepat menyebar karena angin yang kencang. Akibatnya, warga panik dan berhamburan menyelamatkan diri.

"Api sudah mendekati rumah kami," kata salah satu warga, Andi.

BACA JUGA:Pj Bupati OKU Soal Karhutla Meningkat: Ada Bantuan dari pusat Dana Sebesar Rp5 Miliar

Pada akhirnya, api berhasil dipadamkan oleh tim gabungan dari Manggala Agni, BPBD, TNI, dan Polri. Namun, empat rumah warga sempat diungsikan karena berada di dekat lokasi kebakaran.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Ogan Ilir, Edi Rahmat, mengatakan bahwa luas lahan yang terbakar belum diketahui secara pasti. Namun, dari Januari hingga September 2023, luas lahan yang terbakar di Kabupaten Ogan Ilir mencapai 400 hektare lebih.

BACA JUGA:Pelaku Karhutla Terancam Denda Rp5 Miliar

"Kendala utama pemadaman kebakaran lahan di daerah ini adalah akses lokasi yang sulit dan sumber air yang terbatas," kata Edi.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar. Selain berbahaya, pembakaran lahan juga dapat menyebabkan kerugian materi dan nonmateri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: