Keren, Desa Singapure Lahat kini Bisa Menikmati Energi dari Panel Surya, Ekonomi Warga Maju Pesat

Keren, Desa Singapure Lahat kini Bisa Menikmati Energi dari Panel Surya, Ekonomi Warga  Maju Pesat

Desa Singapure merupakan salah satu desa yang baru saja mendapat akses energi terbarukan, dari program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) Desa Energi Berdikari (DEB) PT Pertamina--

BACA JUGA:Juara Umum Porprov di Lahat, Popo Ali Janjikan ini

Program DEB Pertamina, yang dimulai sejak 2019, telah memberikan manfaat energi terbarukan kepada ribuan masyarakat. Selain meningkatkan perekonomian, program ini juga berkontribusi dalam pengurangan emisi karbon.

Tujuan utama program ini sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDG’s) dan upaya Pertamina untuk mendukung target Net Zero Emission 2060.

Dengan potensi besar yang dimiliki oleh Desa Singapure (Singapura), harapannya desa ini dapat berkembang lebih maju di masa mendatang.

Instalasi energi yang bersumber dari energi baru terbarukan ini dimanfaatkan untuk Aquaponik, kolam pemancingan, dan kegiatan usaha mikro seperti produksi kopi petik merah dan lainnya.

Penggunaan energi terbarukan yang ramah lingkungan ini sangat membantu produktivitas proses pengelolaan kopi petik merah dan unit usaha lain. 

BACA JUGA:Dijanjikan Pernikahan, Oknum Polisi di Lahat Tipu Teman wanita hingga rugi ratusan juta

Selain itu juga dapat dimanfaatkan lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) dan Posyandu, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat Desa Singapura. 

''Hal ini juga membuka wawasan kami akan energi terbarukan yang ramah lingkungan serta dapat membantu pemerintah dalam memitigasi perubahan iklim,” ujar Kepala Desa Singapura di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel)  Aristo Hasan. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: