Pesan Gubernur Sumsel Herman Deru Berikan Bajak Sawah hingga Mesin Panen ke Petani OKU Timur

Pesan Gubernur Sumsel Herman Deru Berikan Bajak Sawah hingga Mesin Panen ke Petani OKU Timur

Pesan Gubernur Sumsel Herman Deru Berikan Bajak Sawah hingga Mesin Panen ke Petani OKU Timur--

BANTU: Gubernur Sumsel, H Herman Deru berikan bantuan sarana dan prasarana pertanian di Kabupaten OKU Timur. (Foto: ist)

//////

Pesan Gubernur Sumsel Herman Deru Berikan Bajak Sawah hingga Mesin Panen ke Petani OKU Timur

OKU TIMUR - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten OKU Timur pada Sabtu, 16 September 2023. 

Salah satu kunjungannya adalah ke Desa Srimulyo, Kecamatan Madang Suku II, Kabupaten OKU Timur, di mana ia menyerahkan bantuan sarana prasarana pertanian kepada kelompok tani setempat. 

Bantuan tersebut meliputi mesin bajak sawah, mesin pompa, mesin panen padi, dan lainnya.

Selain itu, Gubernur Herman Deru juga memberikan piagam penghargaan menteri pertanian kepada Bupati OKU Timur, Ir H Lanosin MT. 

BACA JUGA:Gubernur Sumsel Melayat ke Muratara Berikan Pesan Tulus, Hingga Motif Pelaku Habisi Nyawa Adik Bupati Muratara

Selama kunjungannya, mereka juga melakukan panen raya di Desa Srimulyo. “Kunjungannya ini sangat penting karena menunjukkan komitmen pemerintah OKU Timur terhadap sektor pertanian,” pesan Herman Deru.

Gubernur Deru mengakui bahwa saat pertama kali dilantik sebagai Gubernur Sumsel, sektor pertanian di provinsi tersebut berada di peringkat ke-8, meskipun memiliki irigasi yang baik dan luas lahan yang cukup. 

Namun, dengan langkah cepat dan bimbingan kepada petani serta penyebaran ribuan penyuluh pertanian di Sumsel, perbaikan dilakukan. Ia juga membangun infrastruktur irigasi, termasuk di Lahat.

Hasilnya, Sumsel berhasil meningkatkan produksi beras menjadi lebih dari 500 ribu ton per tahun, dan provinsi ini naik ke peringkat 5 besar di Indonesia. 

Meskipun prestasi ini cukup mengesankan, Gubernur Deru menyatakan bahwa Menteri Pertanian meminta tambahan produksi sebesar 200.000 ton untuk mendukung ketahanan pangan nasional.

Hal ini hanya dapat tercapai dengan kerja sama antara gubernur dan bupati atau daerah lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: