Padamkan Kebakaran Lahan Gambut dengan Intensitas Tinggi

Padamkan Kebakaran Lahan Gambut dengan Intensitas Tinggi

PADAMKAN : Personil Polisi dan satga karhutla memadamkan api di lahan gambut. Kabupaten Muara Enim-Ist-

Muara enim- Pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Polsek Gelumbang terus dilakukan dengan intensitas yang tinggi pada Hari ke-8 (Delapan) sejak terjadinya kebakaran.

Lokasi titik hotspot terletak di Desa Putak Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim.

Lahan yang terbakar merupakan lahan gambut yang masuk dalam izin lokasi atau HGU PT Sumatera Agro Mandiri (SAM) di Blok G seluas sekitar 100 hektar.

Dilansir dari sumateraekspres.id, Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi, melalui Kasi Humas Polres Muara Enim AKP RTM Situmorang menerangkan upaya pemadaman terus dilakukan oleh tim gabungan yang dipimpin Kapolsek Gelumbang AKP Robby Monodinata.

“Tim gabungan ini terdiri dari personil Polsek Gelumbang, Personil Polres Muara Enim, personil TNI, personil dari BPBD Kabupaten Muara Enim dan Dinas Pemadam Kebakaran Kecamatan Gelumbang, dan tim dari PT SAM dan PT IAL,” ujarnya.

BACA JUGA:Download FIFA Mobile 2023 MOD APK Gratis Semua pemain dan item sudah terbuka

Untuk memadamkan api, tim gabungan menggunakan beberapa alat dan peralatan seperti alat berat Exavator, mesin pompa air sebanyak 6 unit dan 1 unit mobil pemadam kebakaran milik PT SAM.

“Pemadaman berlangsung sejak pagi hingga sore, dan dilakukan dengan sangat hati-hati mengingat lokasi hutan semak belukar yang mudah terbakar dan kondisi tanah gambut,” terangnya.

Kepolisian telah melakukan beberapa upaya untuk menangani karhutlah di wilayah Polsek Gelumbang, di antaranya adalah mendatangi lokasi kebakaran, melakukan pemadaman api bersama stakeholder terkait, melakukan dokumentasi terkait giat dan TKP, mengkoordinasikan pihak terkait, memberikan maklumat larangan karhutlah, dan menghimbau pemdes untuk selalu memberitahukan warga untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

“Dalam menjaga lingkungan, peran serta masyarakat sangat penting, masyarakat harus diberikan pemahaman soal pentingnya menjaga lingkungan dan kelestarian hutan.

Pemerintah bisa memberikan sosialisasi dan pendidikan secara sistematis terkait pentingnya menjaga lingkungan dan menghindari tindakan yang berdampak buruk pada lingkungan,” ungkapnya.

BACA JUGA:Gubernur Sumsel H Herman Deru resmi melantik 7 Pj Bupati/Walikota di Sumsel

Terlepas dari upaya pemadaman api, perlu adanya langkah preventif untuk mencegah terjadinya karhutlah di wilayah tersebut di masa depan.

“Selain itu, perlu dilakukan koordinasi dan kerja sama yang solid oleh semua pihak yang terkait agar dapat meminimalisir risiko kebakaran lahan dan menjaga kelestarian lingkungan di wilayah tersebut,” pungkasnya. (*)

Artikel ini telah tayang di sumateraekspres.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: