Gubernur Sumsel H Herman Deru Gelar Shalat Istisqa hingga Zikir

Gubernur Sumsel H Herman Deru Gelar Shalat Istisqa hingga Zikir

--

Gubernur Sumsel H Herman Deru Gelar Shalat Istisqa hingga Zikir

PALEMBANG - OKES.NEWS Gubernur Sumsel H Herman Deru, bersama dengan sejumlah ulama dan ribuan jemaah dari berbagai kalangan, seperti pegawai, pelajar, TNI/Polri, dan masyarakat umum, menggelar shalat istisqo atau shalat meminta hujan di halaman Rumah Dinas Gubernur (Griya Agung) pada Sabtu (30/9) pagi.

Sebelum melaksanakan Shalat Istisqo, para jamaah mengawali acara dengan doa dan zikir yang dipimpin oleh Ustadz KH Tarmizi Muhaimin. Selanjutnya, Khotib dan imam dipimpin oleh Ustadz KH Solihin Hasibuan.

Dalam arahannya, Gubernur Sumsel H Herman Deru menekankan bahwa shalat istisqo yang diadakan adalah salah satu bentuk upaya untuk memohon kepada Allah SWT agar turun hujan di tengah cuaca panas akibat fenomena El Nino yang melanda sejumlah wilayah di Indonesia. 

Dampak yang ditimbulkan oleh musim kemarau, seperti kebakaran lahan dan hutan (karhutla) yang mengakibatkan kabut asap, sangat mengkhawatirkan.

"Kita berkumpul di halaman Griya Agung ini untuk melaksanakan shalat istisqo sesuai ajaran syariat. Ini juga menjadi bukti cinta kita pada Provinsi ini,” kata Herman Deru.

Selain masalah karhutla dan kabut asap, kemarau juga menyebabkan lahan pertanian menjadi tidak produktif akibat kekurangan pasokan air. 

"Dalam beberapa bulan terakhir, Sumsel tidak mengalami hujan sama sekali. Kami berharap doa-doa pagi ini akan diijabah oleh Allah SWT,” sambung Deru.

BACA JUGA:Diduga Menipu Damai, Berulah Lagi? Oknum ASN Ini Kabur ke Apartemen Jakarta dan Membantah Bersama Wanitanya

Herman Deru menegaskan bahwa Pemprov Sumsel telah berusaha sekuat tenaga untuk mengatasi dampak kemarau, termasuk upaya dalam mengantisipasi karhutla. Tim pemadam api telah bekerja keras untuk memadamkan api selama terjadinya karhutla.

"Kami memberikan semangat kepada tim pemadam api karhutla kami. Kami akan menggunakan semua sumber daya yang kami miliki, termasuk TMC dan Water Boombing, untuk mengatasi karhutla ini," tambahnya.

Gubernur mengakui bahwa kondisi udara di sejumlah wilayah Provinsi Sumsel saat ini tidak baik, dan dia memerintahkan Dinas Kesehatan untuk memberikan himbauan aktif kepada masyarakat untuk selalu menggunakan masker saat berada di luar rumah.

"Kami ingin mencegah buruknya kondisi kesehatan akibat cuaca yang tidak sehat dengan mendorong masyarakat untuk selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah," katanya.

BACA JUGA:Haru Warnai Pamitan Gubernur H Herman Deru kepada ASN, Ini Sosok PJ Gubernur Sumsel asal Lampung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: