Ini Cara Hutama Karya Tingkatkan Upaya Pencegahan Kebakaran Hutan di Sekitar Jalan Tol

Ini Cara Hutama Karya Tingkatkan Upaya Pencegahan Kebakaran Hutan di Sekitar Jalan Tol

Pelatihan dan simulasi tanggap darurat juga diadakan di berbagai lokasi--

Ini Cara Hutama Karya Tingkatkan Upaya Pencegahan Kebakaran Hutan di Sekitar Jalan Tol

OKES.NEWS- JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) memperkuat langkah-langkah mereka untuk menangani dan mencegah Kebakaran Hutan & Lahan (Karhutla), terutama di sekitar jalan tol. 

Kebakaran ini sering kali terjadi, baik yang disebabkan oleh kesengajaan maupun kecelakaan, terutama saat cuaca panas yang meningkatkan risiko kebakaran.

Dalam responsnya terhadap masalah ini, Tjahjo Purnomo, Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, menyatakan bahwa perusahaan telah meningkatkan peralatan mereka untuk memitigasi potensi kebakaran. 

"Kami telah menambahkan mobil tangki air yang dimodifikasi dengan mesin pompa pemadam kebakaran dan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)," ungkapnya ddi laman Hutama Karya

Dalam upaya meningkatkan kesiapsiagaan, Hutama Karya juga telah menyiapkan posko pemantauan karhutla, pompa portable, dan alat pemukul api (gepyok api) untuk mengendalikan dan memadamkan api dengan lebih cepat.

Purnomo menambahkan bahwa sosialisasi kepada masyarakat juga telah dilakukan melalui berbagai media, termasuk spanduk, VMS (Variable Message Sign), dan penyuluhan di rumah-rumah warga sekitar jalan tol. 

BACA JUGA:Ada Satwa Liar yang Bisa Dinikmati Pengguna Jalan di Ruas Tol Sibanceh, Sigli-Banda Aceh

BACA JUGA:Pengajuan Aplikasi KUR BRI 2023 Ditolak, Kenali Penyebab dan Cara Penilaiannya

Pelatihan dan simulasi tanggap darurat juga diadakan di berbagai lokasi, termasuk Rest Area KM 163 Jalur A, Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung dan Rest Area Sementara KM 20, Tol Palembang - Indralaya.

Pelatihan tersebut melibatkan lebih dari 80 personil dari berbagai bidang, termasuk petugas patroli, medis, dan operasional. 

"Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memastikan bahwa petugas kami dapat merespon dengan cepat dan efektif jika terjadi kebakaran," kata Purnomo.

Sejauh ini, Hutama Karya telah berhasil mengatasi sejumlah kebakaran di sekitar tol tanpa dampak yang signifikan terhadap operasional jalan tol. 

Purnomo juga mengingatkan masyarakat tentang bahaya karhutla dan mengajak masyarakat untuk mematuhi anjuran pencegahan karhutla dari Pemerintah Daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: