Tak Disangka, Belimbing Wuluh Dibalik Khasiatnya Mempunyai Sisi Negatif untuk Kesehatan, Pria Ini Mengalaminya

Tak Disangka, Belimbing Wuluh Dibalik Khasiatnya Mempunyai Sisi Negatif untuk Kesehatan, Pria Ini Mengalaminya

--

Tak Disangka, Belimbing Wuluh Dibalik Khasiatnya Mempunyai Sisi Negatif untuk Kesehatan

OKES.NEWS-  Meski belimbing wuluh dikenal dengan banyak khasiat, namun ternyata juga memiliki sisi negatif untuk kesehatan.

Khasiat belimbing wuluh disebut banyak manfaat sebagai bahan tambahan untuk aktifitas dapur dan kesehatan. 

Salahsatu Contohnya, belimbing wuluh kerap dijadikan sebagai bahan tambahan untuk memasak. Resep dalam penggunaan belimbing wuluh juga dipercaya akan menambahkan citra rasa untuk sajian masakan.

Namun siapa sangka, dibalik khasiat belimbing wuluh ternyata ada sisi negatif yang memberikan dampak pada kesehatan.

BACA JUGA:Kapan Waktu Tepat Ganti Sikat Gigi Agar Tetap Sehat, Bersih dan Awet

Dilansir dari National Center for Biotechnology (NCBI) mencatatkan data Kasus cedera ginjal akut akibat tertelan buah belimbing wuluh.

Buah belimbing wuluh ( Averrhoa bilimbi ), atau dikenal dengan nama 'belimbing buluh' dalam bahasa Melayu dan 'tulod ulod' dalam bahasa Dusun, merupakan buah tropis yang populer. Buahnya asam dan mempunyai ciri khas berbentuk silinder.

Dalam pernyataan Seorang pria berusia 34 tahun yang merupakan seorang perokok, tanpa riwayat medis atau pembedahan yang signifikan, mengalami riwayat sakit perut dan diare selama 5 hari.

Keluarganya tidak mempunyai riwayat penyakit ginjal. Nyeri perut kolik dimulai pada fosa iliaka kiri, menjalar ke punggung dan seluruh perut.

Dalam  sehari, lanjut NCBI, sebelum timbulnya sakit perut, ia mengonsumsi sekitar 1 kg buah belimbing wuluh (sekitar 40 buah).

Saat datang pasien tidak demam, dan tekanan darahnya 158 mm Hg (sistolik) dan 101 mm Hg (diastolik). Pemeriksaan perut menunjukkan nyeri tekan ringan di daerah pusar bawah, dan tidak ada edema pada pedal. 

Pemeriksaan kardiovaskular dan pernafasan normal. Keluaran urinnya tetap baik.

BACA JUGA:Viral Kembali Kasus Kopi Sianida, Benarkah Jessica Tidak Bersalah ?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: