Ini Bentuk Kepedulian Kilang Pertamina Plaju Terhadap Pemadaman Karhutla di Sumsel

Ini Bentuk Kepedulian Kilang Pertamina Plaju Terhadap Pemadaman Karhutla di Sumsel

Pertamina Kilang Plaju peduli kebakaran hutan dan lahan--

OKES.NEWS - Kilang Pertamina Plaju, bagian dari PT Kilang Pertamina Internasional, menunjukkan kepeduliannya terhadap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Sumatera Selatan (Sumsel) dengan memberikan bantuan logistik.

Pada Jumat, 6 Oktober 2023, perusahaan ini menyerahkan 100 paket peralatan safety yang meliputi masker, kacamata google, dan sepatu tahan api. 

Sebelumnya, mereka juga telah mengerahkan tim Fireman dan Medical di Kabupaten OKI untuk mendukung Manggala Agni dalam upaya pemadaman.

Bantuan lain yang diserahkan termasuk 5 pompa pemadam kebakaran, paket sembako, vitamin, air mineral, dan susu steril. 

Ini dilakukan sebagai bagian dari komitmen mereka dalam mendukung pemadaman Karhutla yang didasari Kebijakan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL).

Siti Rachmi Indahsari, Area Manager Communication, Relations & CSR Kilang Pertamina Plaju, mengatakan bahwa perusahaannya bertujuan untuk bekerja sama dengan pemerintah dalam upaya menyelamatkan lingkungan. 

Komitmen ini juga sejalan dengan gerakan tanggap kebencanaan.

BACA JUGA:Kebakaran lahan di OKU Nyaris Bakar Pemukiman Warga, 4 Mobil Damkar Diterjunkan

Kepala PPIKHL Wilayah Sumatera KLHK, Ferdian Krisnanto, menyampaikan apresiasinya atas bantuan logistik dari Kilang Pertamina Plaju. 

Dia menekankan pentingnya dukungan ini, mengingat banyaknya personel yang dikerahkan untuk mengatasi Karhutla di beberapa kabupaten di Sumsel.

Krisnanto juga menambahkan bahwa kondisi asap yang disebabkan oleh Karhutla semakin membahayakan keselamatan tim yang telah dikerahkan selama 25 hari terakhir.

BACA JUGA:Kebakaran Lahan di TPAS OKU Selama Enam Hari Api Tak kunjung Padam

Sebagai langkah lebih lanjut, Kilang Pertamina Plaju juga mendukung tujuan ke-15 Sustainable Development Goals (SDGs), yang fokus pada perlindungan dan pengelolaan ekosistem daratan dan hutan secara berkelanjutan. 

Upaya ini juga mendukung aspek Environmental, Social & Governance (ESG), yang menegaskan komitmen Pertamina dalam transisi energi dan target Net Zero Emission 2060. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: