Tips Cara Menjaga Kesehatan Mental Agar Terhindar dari Stres

Tips Cara Menjaga Kesehatan Mental Agar Terhindar dari Stres

ilustrasi gangguan mental-ist-

OKES.NEWS - Tanggal 10 Oktober lalu, diperingati sebagai hari kesehatan mental dunia. Bagaimana kondisimu saat ini ?

Apakah kamu sedang merasa hidup ini seperti tidak adil dan terasa berat dilalui ? Jangan coba-coba mengakhiri hidup dengan bunuh diri. Karena dengan bunuh diri tidak dapat menyelesaikan apapun, hanya menimbulkan masalah baru dan meninggalkan trauma serta luka baru bagi orang-orang yang ditinggalkan.

Di dalam agama mana pun, bunuh diri tentunya dilarang keras. Di agama Islam sendiri pun, jangan kan bunuh diri, menganiaya diri sendiri saja dilarang. Karena Allah se-sayang itu pada hamba-hambanya.

Mari kita menjaga kesehatan mental untuk tetap kuat ditengah gempuran badai kehidupan. Bukankah badai pasti berlalu ?

BACA JUGA:Kasus Bully di UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi yang Sempat Viral Akhirnya Berujung Damai

Hal utama yang harus kita lakukan untuk menjaga kesehatan mental adalah dengan menjaga keseimbangan pikiran dan perasaan.

Kesehatan mental itu sendiri mengacu pada keadaan emosi, psikologis, dan sosial seseorang. Ini mencakup perasaan, pemikirian, perilaku, dan kemampuan seseorang untuk mengatasi stres, kemampuan berinteraksi dengan orang lain, dan keampuan mengatasi tantangan dalam hidup.

Seseorang yang memiliki kesehatan mental yang baik biasanya dapat merasa bahagia, produktif dan menjalani hidup dengan positif vibes.

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang yaitu :

1. Genetik, yaitu riwayat keluarga dapat memainkan peran dalam kerentanan terhadap kesehatan mental yang akan dialami oleh generasi selanjutnya.

2. Pengalaman hidup, tentang trauma, kehilangan, atau tekanan yang berlebihan dapat berdampak buruk untuk kesehatan mental.

3. Keseimbangan Kimia Otak , adanya ketidakseimbangan zat kimia dalam otak dapat memengaruhi mood dan perilaku seseorang.

4. Dukungan Sosial, seperti hubungan yang positif dan dukungan dari teman serta keluarga dapat membantu melindungi kesehatan mental seseorang.

Cara menjaga kesehatan mental itu sendiri yaitu dengan :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: