Resep Soto Ayam Semarang

Resep Soto Ayam Semarang

--

Resep Soto Ayam Semarang

OKES.NEWS - Soto ayam Semarang adalah makanan khas kota Semarang di Indonesia. Biasanya menggunakan daging ayam kampung, hidangan ini terkenal dengan kuahnya yang bening dan gurih. 

Biasanya, soto ayam Semarang disajikan dengan berbagai rempah-rempah, seperti daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas, jahe, daun bawang, dan bawang merah. Hidangan ini memiliki rasa yang lezat dan unik, dengan kuah yang harum dan kaya rasa yang dihasilkan oleh campuran rempah-rempah.

Soto ayam Semarang sering dihidangkan dengan nasi putih dan berbagai pelengkap, seperti tauge, telur rebus, koya, dan sambal. Hidangan ini memiliki rasa yang seimbang antara gurih, pedas, dan segar, dan sangat populer di Semarang dan sekitarnya.

Tertarik untuk mencobanya? Kalian bisa melakukan recook dengan resep yang dibagikan oleh @cheekykiddo

Bahan: 300-400 gram dada ayam. 2,5 liter air. 6 siung bawang putih. 10 siung bawang merah. 2 ruas jari jahe. ½ sdt jinten

½ sdt lada. 2/3 sdt ketumbar. 2 bunga lawang. 4 daun jeruk. 5 daun salam. 2 ruas jari lengkuas. 2 sereh. Garam, gula, micin ½ sdt

BACA JUGA:Gugatan PSI Soal Batas Usia Capres - Cawapres Ditolak Mahkamah Konstitusi

Cara Memasak:

Rebus daging ayam kedalam air 2,5 liter selama 30 menit. Selagi merebus ayam siapkan bumbu halus iris bawang putih, bawang merah, jahe.

Siapkan chopper atau ulekan lalu masukan bawang putih, bawang merah, jahe yang sudah di iris dengan jinten, lada, ketumbar, bunga lawang tambahkan sedikit air dan minyak.

Geprek sereh, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas. Tumis bumbu kering dan masukan sereh, daun jeruk, daun salam, lengkuas.

Tumisan tadi lalu tuangkan kedalam rebusan ayam tadi dengan api sedang selama 10 menit. Angkat ayam untuk disuir. Tambahkan garam, gula, micin secukupnya.

Dan hidangan siap disantap. Hidangan ini bisa kalian nikmati dengan menambahkan soun, toge, tomat, telur rebus serta perasan jeruk nipis agar semakin segar. (gus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: