Mengenal Tumbuhan Air Apu-Apu Ternyata Obat Mujarab untuk Kulit

Mengenal Tumbuhan Air Apu-Apu Ternyata Obat Mujarab untuk Kulit

ilustrasi-foto ist-

OKES.NEWS - Daun Apu-apu adalah tumbuhan air yang umumnya dimanfaatkan sebagai tanaman hias di kolam atau akuarium Tanaman ini memiliki daun berwarna hijau atau hijau kebiruan yang berbentuk seperti mahkota bunga mawar

Tanaman apu-apu tumbuh di air yang tenang, seperti kolam, danau, rawa, atau sungai yang tidak deras. Tumbuh mengapung di permukaan air yang terkena sinar matahari langsung

Tanaman apu-apu, juga diyakini memiliki sejumlah khasiat dalam pengobatan tradisional. 

Senyawa-senyawa seperti alkaloid, tanin, flavonoid, saponin, minyak, lemak, dan glikosida yang terkandung dalam tanaman ini telah lama menjadi perhatian dalam pengobatan alternatif. 

BACA JUGA:5 Hero Mage yang Cocok Bermain di EXP Lane

Beberapa manfaat yang dikaitkan dengan tanaman ini termasuk sifat anti rematik dan anti radang, di mana senyawa-senyawa tersebut dapat membantu meredakan peradangan dan gejala rematik. 

Selain itu, apu-apu juga dianggap sebagai diuretik yang dapat membantu meningkatkan produksi urine, membantu mengatasi masalah retensi cairan dan kondisi terkait ginjal.

Selain itu, tercatat bahwa apu-apu dapat digunakan untuk mengobati penyakit kulit dan eksim. Hal ini dengan sifat antiinflamasi dan zat aktif dalam tanaman ini yang dapat membantu mengurangi iritasi kulit. 

BACA JUGA:Cara Makan Nasi yang Membuat Kita Semakin Gemuk, Perhatikan Cara Makan Nasimu

Penyakit kulit seperti Bisul, Eksim, Gatal alergi ini dipercaya dapat disembuhkan dengan tanaman apu-apu ini.

Untuk mendapatkan manfaat dari tanaman air apu-apu kita dapat mengikuti cara pengolahan apu-apu menjadi obat kulit yang dibagikan oleh borneohome.

1.  Ambil daun apu-apu tanpa akar

2.  Rebus dengan segelas air sampai mendidih

3.  Tunggu sampai air tersisa ½ lalu angkat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: