Cara Makan Nasi yang Membuat Kita Semakin Gemuk, Perhatikan Cara Makan Nasimu

Cara Makan Nasi yang Membuat Kita Semakin Gemuk, Perhatikan Cara Makan Nasimu

--

OKES.NEWS, Makan nasi merupakan budaya nomor satu di Indonesia yang tidak bisa dihilangkan. Sebab, terdapat slogan yang telah beredar luas pada masyarakat Indonesia bahwa “Belum Kenyang apabila belum Makan Nasi”.

Hal tersebut yang membentuk seperti sugesti secara tak langsung di alam bawah sadar orang Indonesia seingga sulit untuk meninggalkan nasi sebagai menu utama untuk mengisi energi.

Makan nasi akan tetap aman apabila selayaknya kita memperhatikan porsi dan teman-temannya yang mendampingi nasi tersebut, sehingga tidak membuat kita semakin gemuk.

Seperti yang kita ketahui nasi mengandung karbohidrat yang tinggi sehingga apabila kita konsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan kegemukan. Selain hal tersebut, juga perhatikan hal berikut yang membuat kita semakin gemuk ketika makan nasi.

BACA JUGA:Samsat OKU Bantah Beredarnya Broadcast Razia STNK [HOAX]

1. Terlalu banyak lauk, hal ini dapat membuat kita semakin gemuk sebab tanpa memperhatikan jumlah kandungan protein, vitamin, dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Makan nasi terlalu banyak, idealnya dalam satu porsi makan siang, hanya dianjurkan maksimal 3 centong nasi dalam sekali waktu makan, dan juga makan nasi dalam keadaan nasi yang panas dapat meningkatkan berat badan sebab nasi yang panas mengandung gula yang cukup tinggi.

3. Makan nasi dengan lauk yang diproses atau lauk yang instan seperti sosis, nugget, dan sejenisnya. Karena rendahnya protein, dan tingginya karbohidrat yang terdapat dalam makanan diproses tersebut, dapat meningkatkan berat badan yang menjadi faktor kegemukan.

4. Makan dengan lauk yang penuh lemak, lauk yang penuh lemak seperti lauk yang digoreng, banyaknya kandungan minyak dalam makanan yang digoreng, dapat membuat kita semakin gemuk sebab tubuh kita menimbun banyak lemak jahat, yang meningkatkan resiko kegemukan.

BACA JUGA:Ciri Psikologis Orang Pemalas Sukses Kaya dengan Pemalas Akut Sengsara dan Pengeluh

5. Setelah makan nasi, Minumnya dengan air yang manis. Air yang manis tinggi akan gula, yang mana, nasi dan lauk telah banyak mengandung gula, sehingga tubuh mengonsumsi gula berlebih yang menjadi penyebab kegemukan dan resiko diabetes. 

Berikut yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan RI dalam satu piring makan siang, mengutip dari laman kemenkes yaitu 

Makanan Pokok - Nasi dan penakarnya 150 gr Nasi sama dengan 3 centong nasi, atau sama dengan 3 buah kentang ukuran sedang (300 gr), atau 1 1/2 gelas mie kering (75gr)

Lauk Pauk :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: