Atasi Rambut Kering dan Bercabang dengan Masker Alami, Ini Bahannya !

Atasi Rambut Kering dan Bercabang dengan Masker Alami, Ini Bahannya !

Atasi rambut kering dan bercabang dengan masker rambut alami-ist-

OKES.NEWS - Rambut yang kering dan bercabang menjadi masalah tersendiri bagi setiap orang. Terutama bagi kaum wanita.

Penyebabnya adalah saat kutikula pada rambut terbuka sehingga menyebabkan rambut rusak, kering, mudah patah dan bercabang. Kutikula merupakan lapisan terluar dari rambut yang melindungi rambut dari kerusakan.

Kerusakan pada kutikula rambut diakibatkan dari kurang tepatnya perawatan pada rambut, seperti menggunakan bahan kimia pada proses pewarnaan.

Kemudian, menggunakan alat seperti pelurus dan pengering rambut, menyisir rambut terlalu sering, hingga paparan sinar matahari yang berlebih dan kekurangan nutrisi untuk menjaga kesehatan rambut.

BACA JUGA:Ternyata, Sikap Bodo Amat Bisa Memberikan Dampak Positif Diri Kita, Ini Manfaatnya !

Hal tersebut dapat diatasi jika kita melakukan perawatan pada rambut dengan tepat dan menggunakan bahan-bahan alami seperti minyak zaitun dan santan.

Minyak zaitun diketahui mengandung asam oleat dan squalen yang merupakan pelembab alami untuk mengatasi rambut kering dan juga bercabang.

Sebab minyak zaitun melapisi dan menutrisi lapisan rambut terluar yang membuat rambut menjadi lembut dan mudah diatur.

Selain melembabkan rambut, minyak zaitun juga bermanfaat untuk mengurangi ketombe, membantu pertumbuhan rambut baru, menguatkan akar rambut, hingga membasmi kutu rambut.

BACA JUGA:Ternyata Minum Teh Setelah Makan Bisa Menimbulkan Bahaya, Ini Dampaknya !

Sementara itu santan yang terbuat dari buah kelapa bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut dan proses perbaikan rambut, mencegah kerontokan, menguatkan kutikula pada rambut.

Santan mengandung vitamin E, vitamin B dan asam lemak, juga memiliki kandungan anti bakteri yang dapat melindungi kulit kepala dan rambut dari jamur, ketombe serta kutu.

Kandungan protein dalam santan juga bermanfaat untuk mengembalikan keratin rambut yang hilang.

Kedua bahan terebut menjadi kombo yang epic jika dijadikan sebagai masker rambut, caranya cukup mudah, lakukan hal ini sebelum keramas.

BACA JUGA:Air Rebusan Daun Cabe Bermanfaat Untuk Kurangi Rasa Sakit Gigi

Campurkan santan dan minyak zaitun 1:1, misalnya 5 sendok makan santan dan 5 sendok makan minyak zaitun, disesuaikan takarannya dengan panjang rambut yang ada. Lalu oleskan pada rambut dari kulit kepala hingga ke ujung rambut dan diamkan selama 30-60 menit. Kemudian bilas bersih menggunakan shampoo dan gunakan conditioner agar rambut lebih lembut.

Apabila di daerahmu sulit menemukan santan asli, bisa menggunakan santan instan yang telah banyak beredar di pasaran.

Aplikasikan masker rambut ini setiap dua kali dalam seminggu, dan lihat perubahan yang terjadi pada rambutmu. (us)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: