Hore, 2 Ruas Tol di Sumatera Utara Dibuka, Bisa Mempermudah Akses ke Wisata Ini

Hore, 2 Ruas Tol di Sumatera Utara Dibuka, Bisa Mempermudah Akses ke Wisata Ini

2 tol di Sumatera Utara dioperasikan fungsional untuk pelayanan mudik Nataru 2023/20024--

Hore , 2 Ruas Tol di Sumatera Utara Dibuka Bisa Mempermudah Akses ke Wisata Ini

Okes.news- PT Hutama Karya (Persero) telah resmi membuka dua ruas baru di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

2 tol ini dibuka secara fungsional untuk memfasilitasi perjalanan masyarakat selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Ya, Keputusan Hutama Karya selaku pengelola tol ini,  bertujuan untuk mempercepat akses menuju berbagai destinasi liburan di Sumatra Utara.

Menurut Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo, dua ruas baru yang dioperasikan adalah Tol Binjai – Langsa Seksi Kuala Bingai – Tanjung Pura,  dan Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi - Parapat Seksi Tebing Tinggi - Sinaksak.

Ruas Tol Kuala Bingai – Tanjung Pura, sepanjang 19 km, merupakan bagian dari Tol Binjai – Langsa yang akan mengurangi waktu tempuh dari Binjai ke Tanjung Pura dari sekitar 1 jam menjadi hanya 30 menit.

BACA JUGA:Ini Antispasi Pengelola Cegah Ancaman Hewan Liar Masuk Area Tol Trans Sumatera

Hal ini akan memudahkan pengguna jalan tol yang ingin mengunjungi berbagai tempat wisata.


Seperti wisata Kolam Abadi, Bukit Lawang, atau menikmati Mie Kocok Restu di daerah Tanjung Pura.

Sementara itu, Tol Tebing Tinggi – Sinaksak sepanjang 48 km adalah bagian dari Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat.

Ruas ini dapat memangkas waktu perjalanan dari 1,5 jam menjadi hanya 30 menit.

Dengan adanya akses ini, wisatawan dari Sinaksak dapat dengan mudah berlibur ke Danau Laut Tandor dan Bah Bolon Arung Jeram di Tebing Tinggi.

Atau masyarakat Tebing Tinggi yang ingin menikmati kuliner khas Siantar akan lebih cepat sampai ke tujuan.

Tjahjo Purnomo menekankan bahwa selama masa operasional awal ini, masyarakat sekitar dapat mencoba jalan tol ini tanpa membayar tarif sebelum tarif resmi ditetapkan.

BACA JUGA:Lewat Tol Sibanceh Seperti Melintasi Keindahan Hutan: Tol yang Menyediakan Terowongan Satwa Gajah Sumatera

Hutama Karya juga mengingatkan pengguna jalan tol untuk selalu menyiapkan kartu UE dan melakukan tapping kartu saat melintas.

Selama libur Natal dan Tahun Baru tahun 2023/2024, Hutama Karya mengoperasikan total 589 km JTTS yang terdiri dari 9 ruas JTTS yang sudah beroperasi dengan tarif.

Termasuk Tol Terbanggi Besar – Kayu Agung, Tol Palembang – Indralaya, Tol Bengkulu – Taba Penanjung, Tol Pekanbaru – Dumai, Tol Pekanbaru – Bangkinang, Tol Binjai – Langsa Seksi 1 (Binjai - Stabat), dan Tol Sigli – Banda Aceh.

Terdapat juga 5 ruas tol yang masih belum dikenakan tarif, yaitu Tol Indralaya – Prabumulih, Tol Binjai – Langsa (Stabat – Kuala Bingai), Tol Indrapura – Lima Puluh, Tol Sigli – Banda Aceh (Blang Bintang – Baitussalam), dan Tol Indrapura – Tebing Tinggi yang dikelola oleh PT Hutama Marga Waskita (Hamawas).

Hutama Karya mengingatkan semua pengguna jalan tol untuk selalu mematuhi aturan lalu lintas.

Termasuk batas kecepatan minimum 60 km/jam dan maksimum 100 km/jam, serta tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat.

Apabila merasa mengantuk, pengemudi diminta untuk beristirahat di tempat istirahat terdekat.

BACA JUGA:Ada Satwa Liar yang Bisa Dinikmati Pengguna Jalan di Ruas Tol Sibanceh, Sigli-Banda Aceh

Jika ada keluhan atau melihat tindak kejahatan di jalan tol, pengguna jalan diharapkan segera melaporkan ke Call Centre masing-masing ruas tol.

Atau mengikuti informasi melalui media sosial jalan tol Hutama Karya di @HKTolIndonesia.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: