PT PGE Bantah Ada Kebocoran dan Pembuangan Limbah ke Sungai Sepanas

PT PGE Bantah Ada Kebocoran dan Pembuangan Limbah ke Sungai Sepanas

Kondisi sungai Sepanas per 30 Maret 2024 setelah dilakukan tindakan oleh PT PGE Area Lumut Balai. (Foto: PT PGE)--

MUARA ENIM - OKES.NEWS, PT Pertamina Geothermal Energi Tbk (PGE) Area Lumut Balai membantah telah terjadi kebocoran atau adanya aktivitas pembuangan limbah yang membuat tercemarnya Sungai Sepanas di Desa Penindaian, Kecamatan Semendo Darat Laut (SDL), Kabupaten Muara Enim.

Hal tersebut diungkapkan Assistant Manager Government & Public Relation, PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) Area Lumut Balai, Ryan Dwi Gustriandha, Senin, 1 April 2024.

Ryan Dwi Gustriandha menjelaskan, pada 26 Maret 2024, PGE Area Lumut Balai mendapatkan informasi terkait berubahnya warna air yang mengaliri di Sungai Sepanas.

Adanya informasi tersebut, pihak PGE langsung menindaklanjuti melalui koordinasi dengan Tim Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) PGE &tim Proyek Lumut Balai Unit-2 untuk melakukan pemeriksaan lebih mendalam terkait penyebab berubahnya warna air.'

BACA JUGA:Sungai Sepanas Diduga Tercemar Limbah PT PGE

BACA JUGA:PHE Ogan Komering Gelar Jalan Sehat hingga Beri Penghargaan Diikuti Sekitar 2500 Peserta

Kemudian, tim PGE Proyek Lumut Balai Unit a2 juga telah berkoordinasi dengan perusahaan konsorsium untuk melakukan pemeriksaan stormwater drainage and soil disposal management. 

Lebih lanjut, Tim HSSE PGE terus melakukan pengecekan dan perawatan pada sediment trap. Terutama pada area jalan baru hingga Cluster-3 dengan meningkatnya intensitas hujan yang tinggi pada 3 hari terakhir yang mengakibatkan pengikisan dasar sungai atau erosi tanah disisi hulu yang menyebabkan kekeruhan air menjadi tinggi.

“Kami telah memastikan bahwa operasional PGE Area Lumut Balai tetap aman dan tidak terdapat adanya kebocoran atau adanya aktivitas pembuangan limbah ke Sungai Sepanas,” ungkap Ryan Dwi Gustriandha. 

Dengan demikian, lanjut Ryan, kegiatan operasional tetap dilakukan seperti biasanya.


Kondisi sungai Sepanas per 30 Maret 2024 setelah dilakukan tindakan oleh PT PGE Area Lumut Balai. (Foto: PT PGE)--

Dalam menjalankan operasionalnya, perusahaan akan terus berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan untuk memastikan kelancaran kegiatan operasional perusahaan serta keselamatan lingkungan dan masyarakat sekitar.

BACA JUGA:OKU Terima Bagi Hasil PGE Terbesar Kedua

BACA JUGA:Sungai Sepanas Diduga Tercemar Limbah PT PGE

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: