CIPTAKAN SEJARAH MEDIS ! Tim Bedah di Tiongkok Berhasil Transplantasi Ginjal Babi ke Manusia yang Pertama

CIPTAKAN SEJARAH MEDIS ! Tim Bedah di Tiongkok Berhasil Transplantasi Ginjal Babi ke Manusia yang Pertama

Dokter di Rumah Sakit Xijing, yang dipimpin oleh Profesor Qin Weijun dan Profesor Dou Kefeng, berhasil melakukan transplantasi ginjal babi-ke-manusia yang diedit multigene pertama di negara itu pada penerima yang mati otak-foto ist-

INTERNASIONAL, OKES.NEWS - Sejarah baru saja tercata dari tim medis yang berada di Tiongkok, China. Mereka berhasil untuk pertama kalinya di dunia tim medis dengan melakukan transplantasi Ginjal Babi ke Manusia. 

 Prestasi medis yang luar biasa telah dicapai Cina. Dokter di Rumah Sakit Xijing, yang dipimpin oleh Profesor Qin Weijun dan Profesor Dou Kefeng, berhasil melakukan transplantasi ginjal babi-ke-manusia yang diedit multigene pertama di negara itu pada penerima yang mati otak. 

Operasi bersejarah ini berlangsung pada tanggal 25 Maret, setelah transplantasi hati babi-ke-manusia pertama di dunia di rumah sakit pada awal bulan lalu.

BACA JUGA:Hero Marksman Yang Paling OP dalam Season 32 Mobile Legends Masuk Meta

Xenotransplantasi mengacu pada penggunaan organ dari hewan sebagai solusi untuk organ yang gagal.

Transplantasi yang berhasil menawarkan harapan besar bagi pasien yang menderita penyakit ginjal stadium akhir, suatu kondisi di mana ginjal gagal total. 

Tantangan kritis bagi pasien ini adalah kekurangan organ yang tersedia untuk transplantasi. Namun, kemajuan dalam pengeditan gen dan imunologi telah membuka pintu ke xenotransplantasi – menggunakan organ dari hewan – sebagai solusi potensial.

Dilansir dari GIZMOCHINA, Operasi tengara ini melibatkan upaya tim dari 21 departemen rumah sakit, termasuk urologi, operasi hepatobilier, dan anestesiologi.

 Babi donor, yang disediakan oleh Chengdu Clonorgan Biotechnology Co Ltd, menjalani modifikasi genetik untuk meminimalkan risiko penolakan organ oleh penerima. 

Operasi ini melibatkan kerja sama dari 21 departemen rumah sakit, termasuk urologi, operasi hepatobilier, dan anestesiologi. Babi donor yang telah dimodifikasi genetiknya diberikan oleh Chengdu Clonorgan Biotechnology Co Ltd, yang kemudian ditransplantasikan ke penerima yang mati otak. 

Disisi lain Keluarga penerima, setelah konfirmasi kematian otak, dengan tulus setuju untuk berpartisipasi dalam penelitian ini, yang berkontribusi pada kemajuan ilmu kedokteran.

BACA JUGA:Resep Lebaran Kue Bolu Gulung Nanas Mudah dan Hemat

Ginjal babi yang ditransplantasikan berhasil berfungsi normal selama sembilan hari, menghasilkan urin dengan baik. Prestasi ini membuka jalan bagi aplikasi klinis masa depan dan menawarkan harapan baru bagi pasien yang tidak terhitung jumlahnya dengan penyakit ginjal stadium akhir.

Profesor Dou Kefeng, salah satu ahli bedah terkemuka yang terlibat dalam operasi ini, menekankan potensi besar xenotransplantasi dalam mengatasi kekurangan kritis organ donor. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: