Berantas Narkoba Polres OKU Periksa Personil dengan Sample Saliva, Hasilnya Akurat?

Berantas Narkoba Polres OKU Periksa Personil dengan Sample Saliva, Hasilnya Akurat?

rangkaian pemeriksaan narkoba dengan Sample Saliva ini merupakan salah satu spesimen alternatif yang paling banyak digunakan-foto ist-

Berantas Narkoba Polres OKU Periksa Personil dengan Sample Saliva, Hasilnya Akurat?

BATURAJA - OKES.NEWS,  Kedokteran Kepolisian (Sie Dokkes) Polres Oku melakukan pemeriksaan kepada sejumlah anggota maupun ASN Polres OKU dalam upaya  memberantas penggunaan narkoba di lingkungan anggota Polri, Rabu, (24/04/2024).

Kasi Dokkes Polres Oku dr. Masnura mengatakan rangkaian pemeriksaan narkoba dengan Sample Saliva ini merupakan salah satu spesimen alternatif yang paling banyak digunakan.

Dia mengatakan,  dalam penerapannya tidak memerlukan keterampilan khusus atau wadah tertentu. Sedangkan, konsentrasi zat dalam saliva lebih representatif terhadap konsentrasi zat dalam darah dibandingkan dengan sampel urine.

BACA JUGA:Dua Bulan Terjadi Kecelakaan, Dishub OKU Timur Usulkan Palang Pintu Perlintasan Rel Kereta Api

"Diharapkan dapat memberikan hasil yang akurat dari hasil tes sample urine, ini kan dilakukan langsung melalui sel darah," terangnya.

Bahkan, sambung dr Masnura, selain itu, saliva dapat dilakukan dengan cara donor dengan man adsorben atau pad di bawah lidah atau antara gusi dan pipi selama 2-5 menit. 

Kemudian sampel bisa diperiksa langsung atau disimpan dalam diluent atau bahan pengawet untuk diantar. Suhu penyimpanan bisa dengan suhu ruangan atau 4°.[5].

"Tes pemeriksaan Narkoba kali ini dengan uji sample Saliva, ini diharapkan dapat memberikan hasil yang akurat bagi personel yang menggunakan atau mengkonsumsi narkoba," urainya. 

BACA JUGA:262 Pelajar OKU Ikuti Seleksi Calon Paskibraka

Sementara itu, Kasi Propam Akp Hendry Hardi menyebutkan Pemeriksaan tes  narkoba ini juga dilakukan secara mendadak terhadap seluruh anggota.  " Hasilnya akan dipastikan kembali usai tes, apakah ada anggota yang menggunakan narkoba, sejauh ini masih belum ditemukan," tutupnya. (r15)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: