Pasien Terjangkit HIV/AIDS Meningkat

Pasien Terjangkit HIV/AIDS Meningkat

Ilustrasi HIV/AIDS --

Lahat - OKES.NEWS, Berdasarkan data dari  dinas kesehatan kabupaten Lahat selama kurun waktu 2 tahunterakhir, kasus HIV/AIDS di Kabupaten Lahat mengalami peningkatan signifikan. Pada 2022, tercatat ada 13 penderita HIV/AIDS.

Jumlah ini meningkat menjadi 23 penderita pada 2023, dan saat ini sekitar 36 penderita terdaftar pada tahun 2024.

Kadinkes Lahat, Taufiq M Putra melalui Aiwa Marlina, menekankan pentingnya menjaga iman dan takwa sebagai langkah pencegahan utama terhadap HIV/AIDS.

BACA JUGA:Sumsel Sumbang Satu Penderita HIV/AIDS Meninggal Dunia, Mayoritas LGBT

BACA JUGA:Cegah Penyakit Menular, 215 WBP Tes TB/HIV

"Berdasarkan hasil diskusi dengan penderita, mayoritas kasus terkait dengan perilaku seks yang tidak sehat. Oleh karena itu, menjaga iman dan menghindari seks bebas sangat penting," ujarnya.

Dalam upaya pencegahan dan deteksi dini, Dinas Kesehatan Lahat fokus pada screening ibu hamil, mengingat penanganan khusus diperlukan untuk melindungi kesehatan ibu dan anak.

Selain HIV, screening juga mencakup penyakit menular seksual lainnya dan hepatitis.

BACA JUGA:Truk Angkut Batu Terguling, Sempat Bikin Jalan Macet Total hingga Turunkan Excavator

Adanya peningkatan jumlah penderita HIV/AIDS yang meningkat dari tahun ke tahun menjadi perhatian serius. Ia menegaskan pentingnya dukungan masyarakat untuk penderita HIV/AIDS, termasuk upaya memulihkan kesehatan mental dan mengurangi stigma yang mereka hadapi.

Dengan adanya peningkatan kasus ini, Dinas Kesehatan Lahat berharap adanya kesadaran dan tindakan preventif yang lebih baik dari masyarakat untuk mencegah penyebaran HIV/AIDS di masa mendatang. (gti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: