Tim Gabungan Sukses Padamkan Kebakaran di Sungai Rambutan

Tim Gabungan Sukses Padamkan Kebakaran di Sungai Rambutan

Tim gabungan berjibaku memadamkan api yang membakar lahan di Desa Sungai Rambutan, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir,Senin, 5 AGustus 2024. (Foto: Humas Polda Sumsel)--

INDRALAYA - OKES.NEWS - Tim gabungan berhasil menanggulangi dan memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Sungai Rambutan, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir,Senin, 5 AGustus 2024. 

Kebakaran ini melanda area seluas sekitar 5 hektar di lokasi yang berbatasan dengan Desa Soak Batok, dengan koordinat -3.088029, 104.716812.

Sumber kebakaran masih belum diketahui, dan kondisi lahan yang terbakar sulit diakses oleh kendaraan roda empat, sehingga tim harus berjalan kaki cukup jauh untuk mencapai titik api.

Pemadaman dilakukan secara manual menggunakan mesin pompa jinjing dari BPBD, Manggala Agni, dan Satgas Karhutla Polsek Indralaya, serta didukung oleh dua unit water bombing.

BACA JUGA:Melon Bisa Menjadi Minuman yang Miliki manfaat untuk Kesehatan, Simak Cara Membuat Air Melon yang Menyegarkan

BACA JUGA:Mencekam di OKU, Polisi Adu Tembak dengan Pelaku Bersenjata asal Muara Enim, Nih Tampangnya

Operasi pemadaman melibatkan 20 personil Polri, 2 personil TNI, 18 anggota BPBD, 12 anggota Manggala Agni, dan 10 warga setempat. 

Upaya pemadaman ini berhasil berkat kerja sama tim gabungan, bantuan water bombing, dan hujan yang turun di kawasan tersebut.

Kapolres Ogan Ilir, AKBP Bagus Suryo Wibowo SIK, yang turut memantau situasi kebakaran, menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas respons cepat dan kerjasama seluruh personil dalam memadamkan api.

"Terima kasih atas kerjasama yang baik di lapangan. Teruskan himbauan dan sosialisasi mengenai larangan melakukan karhutla kepada masyarakat," ujar AKBP Bagus Suryo Wibowo SIK.

Kapolres juga menegaskan bahwa jika ada pelaku pembakaran hutan dan lahan yang tertangkap dengan bukti yang ada, pihak kepolisian akan menindaklanjuti sesuai dengan proses hukum yang berlaku tanpa kompromi.

"Personel di lapangan harus tetap semangat dan menunjukkan komitmen untuk terus bersinergi dalam memadamkan api. Kita harus menjaga kelestarian hutan kita," pungkasnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: