Tips Menghindari Anak Mendapat Bullying di Sekolah

Tips Menghindari Anak Mendapat Bullying di Sekolah

Ilustrasi anak mendapat bullying di sekolah. (Foto: istimewa)--

Dengarkan dengan penuh perhatian jika anak mengeluh tentang bullying dan berikan dukungan yang diperlukan.

7. Berbicara dengan Pihak Sekolah

Jangan ragu untuk berkomunikasi dengan guru atau staf sekolah mengenai masalah yang dihadapi anak. Mereka dapat membantu mengatasi situasi tersebut dengan lebih efektif.

BACA JUGA:Tak Hanya Bisa Mengatasi Diare, Daun Jambu Biji Ternyata Bisa untuk Perawatan Rambut

BACA JUGA:Teknik Berfoto Agar Hasil Cantik atau Ganteng

8. Mengajarkan Empati

Selain itu, mengajarkan empati kepada anak sangat penting untuk membentuk karakter yang peduli dan memahami perasaan orang lain. Beberapa cara untuk mengajarkan empati adalah:

9. Menjadi Model Empati

Tunjukkan bagaimana merespons perasaan orang lain dengan pengertian dan simpati. Misalnya, jika anak melihat temannya sedih, Anda bisa mengatakan, "Aku melihat temanmu sedang sedih. Bagaimana kita bisa membantunya?"

10. Diskusi tentang Perasaan

Ajak anak berbicara tentang perasaan mereka sendiri dan perasaan orang lain. Tanyakan bagaimana mereka akan merasa jika berada dalam situasi yang sama.

11. Membaca Buku tentang Empati

Pilih buku yang mengajarkan nilai empati dan baca bersama anak. Diskusikan karakter dalam cerita dan bagaimana mereka memahami perasaan orang lain.

12. Bermain Peran

Ajak anak bermain peran untuk membantu mereka melihat dunia dari sudut pandang orang lain. Ini dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap perasaan orang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: