PGE Tegaskan Komitmen ESG di ACIIA Regional Conference 2024, Transparansi dan Keberlanjutan Jadi Kunci

PGE Tegaskan Komitmen ESG di ACIIA Regional Conference 2024, Transparansi dan Keberlanjutan Jadi Kunci

PGE menunjukkan komitmen pada ESG dengan partisipasi di ACIIA Regional Conference 2024, menegaskan pentingnya transparansi dan keberlanjutan dalam bisnis.-istimewa-

JAKARTA – OKES.NEWS, PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) terus memperkuat komitmennya dalam menerapkan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) di seluruh lini bisnisnya. 

Langkah ini tidak hanya terlihat dari berbagai pencapaian yang telah diraih, tetapi juga dari keikutsertaan PGE dalam berbagai forum diskusi penting, baik nasional maupun internasional. 

Salah satunya adalah partisipasi PGE dalam Asian Confederation of Institutes of Internal Auditors (ACIIA) Regional Conference 2024 yang diadakan pada Jumat (29/8).

Pada konferensi yang bertajuk "Purposeful Impact," PGE diwakili oleh Corporate Secretary, Kitty Andhora, yang berkolaborasi dengan Chairperson of Sustainability Standard Board Institute of Indonesia Chartered Accountants, Istini Tatiek Siddharta. 

Mereka membahas topik penting terkait pelaporan keberlanjutan dalam sesi "Sustainability Reporting: Beyond the Numbers." Kitty Andhora menekankan pentingnya pengelolaan risiko ESG sebagai strategi utama dalam mencapai keunggulan kompetitif di pasar global yang semakin peduli terhadap keberlanjutan.

BACA JUGA:PGE Lumut Balai Dorong UMKM Sumsel Naik Kelas

BACA JUGA:PT PGE Diberi Penghargaan KGIA 2024 Porsi Energi terbarukan

“PGE menyadari bahwa risiko lingkungan, sosial, dan tata kelola bukan hanya soal kepatuhan, tetapi juga strategi untuk mencapai keunggulan kompetitif di pasar yang semakin sadar akan keberlanjutan. Oleh karena itu, PGE mengelola risiko ini dengan serius melalui penerapan prinsip-prinsip ESG yang berfokus pada tiga pilar utama, yaitu ESG Strategy, ESG Performance, dan ESG Communication & Disclosure,” ujar Kitty Andhora.

Konferensi ini menjadi platform penting bagi para pemangku kepentingan di Asia Pasifik untuk berdiskusi mengenai risiko, teknologi baru, dan praktik terbaik dalam tata kelola perusahaan. 

Di dalamnya, PGE menunjukkan komitmennya dengan mengimplementasikan enam elemen kunci dalam strategi ESG, termasuk dukungan kuat dari manajemen puncak, penetapan topik materialitas, dan keterlibatan aktif dengan pemangku kepentingan.

Sejak 2012, PGE telah konsisten mempublikasikan Laporan Keberlanjutan (Sustainability Report/SR) yang mencerminkan transparansi dan akuntabilitas perusahaan. 

BACA JUGA:PGE Lumut Balai Kunjungi Polres OKU, Ini Tujuannya

BACA JUGA:PGE Area Lumut Balai Jangkau 31 Ribu Penerima Manfaat dengan Cara ini

Kitty Andhora menegaskan bahwa pengungkapan kinerja ESG melalui SR merupakan bentuk transparansi korporat yang dapat meningkatkan reputasi dan kepercayaan di antara para pemangku kepentingan, termasuk investor yang memberikan green financing.

Direktur Utama PGE, Julfi Hadi, turut menekankan bahwa ESG adalah bagian integral dari operasional perusahaan. “Kami berkomitmen untuk menerapkan transparansi korporat dan strategi keberlanjutan yang menyeluruh, yang tidak hanya fokus pada angka, tetapi juga pada dampak nyata bagi lingkungan dan masyarakat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: