Dua Aktivis Just Stop Oil Dipenjara

Dua Aktivis Just Stop Oil Dipenjara

Anggota kelompok aktivis Just Stop Oil, Phoebe Plummer dan Anna Holland, akhirnya dijatuhi hukuman penjara. (Foto nytimes)--

OKES.NEWS - Pada (27/9/2024) dua anggota kelompok aktivis Just Stop Oil, Phoebe Plummer dan Anna Holland, akhirnya dijatuhi hukuman penjara setelah aksi mereka melempar sup tomat ke lukisan terkenal karya Vincent van Gogh, "Sunflowers," di Galeri Nasional London pada Oktober 2022.

Walaupun lukisan itu sendiri tidak rusak karena terlindungi oleh kaca pelindung, bingkainya mengalami kerusakan yang diperkirakan mencapai £10.000 (sekitar Rp189 juta).

Hakim Christopher Hehir yang menangani kasus ini mengatakan bahwa tindakan Plummer dan Holland sangat arogan dan tidak menghormati nilai seni.

Dilansir dari news.sky.com akibatnya, Phoebe Plummer dijatuhi hukuman dua tahun penjara, sementara Anna Holland mendapat hukuman 20 bulan.

Ini menjadi langkah tegas pengadilan dalam menangani aksi-aksi protes radikal yang merusak karya seni dengan dalih memprotes isu lingkungan.

BACA JUGA:Pelatih Belanda Kritik Program Naturalisasi Indonesia, Langsung Diserang Netizen

BACA JUGA:Museum Permen Pertama di Dunia Segera Buka di Dubai

tiga anggota Just Stop Oil lainnya kembali melakukan aksi serupa di Galeri Nasional London. Mereka melempar sup lagi ke arah lukisan "Sunflowers" yang sama, yang saat itu dipamerkan dalam pameran "Van Gogh: Poets and Lovers." Beruntung, lukisan tersebut tidak mengalami kerusakan apa pun, dan ketiga aktivis segera diamankan oleh polisi.

Aksi ini dianggap sebagai bentuk perlawanan atas hukuman yang diterima Plummer dan Holland, serta sebagai penegasan bahwa mereka masih berkomitmen dalam menyampaikan pesan protes tentang perubahan iklim, meskipun cara mereka terus menuai kritik.

Setelah insiden terbaru ini, pihak Galeri Nasional langsung bergerak cepat.

Lukisan "Sunflowers" segera diamankan dan diperiksa oleh tim konservator untuk memastikan tidak ada kerusakan. Galeri juga menyatakan bahwa pameran akan dibuka kembali secepat mungkin agar pengunjung tetap bisa menikmati karya seni ini.

BACA JUGA:Museum Permen Pertama di Dunia Segera Buka di Dubai

BACA JUGA:Coldplay Gelar Konser di India Januari 2024 dan Pensiun di Tahun 2025

Sebagai bentuk perlindungan ekstra, galeri juga berencana untuk meningkatkan keamanan guna mencegah aksi serupa di masa depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: