Resep Soto Banjar Khas Kalimantan Selatan

Resep Soto Banjar Khas Kalimantan Selatan

Ilustrasi:Soto Banjar-Photo: istimewa---

OKES.NEWS - Soto Banjar adalah salah satu kuliner khas dari Kalimantan Selatan yang tak hanya menggugah selera, tetapi juga memiliki cita rasa khas yang sulit dilupakan.

Berbeda dengan soto dari daerah lain, soto Banjar memiliki kuah yang ringan namun kaya rasa berkat campuran rempah-rempah seperti kayu manis, cengkeh, dan kapulaga. soto ini biasanya disajikan dengan lontong atau nasi, ditemani dengan suwiran ayam, telur rebus, dan perkedel kentang.

Hidangan ini menjadi salah satu sajian wajib di berbagai acara adat dan perayaan di Banjarmasin. Namun, Anda tak perlu jauh-jauh ke Kalimantan untuk menikmatinya.

Dengan resep yang sederhana, Anda bisa membuat Soto Banjar di rumah dan merasakan kelezatan khas Nusantara ini. Yuk, kita mulai dengan bahan dan langkah-langkah membuat Soto Banjar yang lezat dan mudah!

Bahan-bahan

Bahan utama: 500 gram daging ayam (lebih baik bagian dada), 2 liter air untuk merebus ayam, 3 butir telur ayam, rebus dan belah dua, 2 batang serai, memarkan, 3 cm kayu manis, 3 butir cengkeh, 2 butir kapulaga, 1 sendok makan garam, 1 sendok teh gula,2 lembar daun salam,1 lembar daun jeruk

BACA JUGA:Tangkap Kurir Hendak Distribusikan Narkotika di Wilayah OKU

BACA JUGA:Taj Mahal Terancam Polusi dan Korosi Bikin Warna Marmer Berubah

Bumbu halus: 6 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, 2 cm jahe, 2 cm kunyit, bakar sebentar, 1/2 sendok teh merica bubuk.

Pelengkap: Perkedel kentang, Lontong atau nasi, Sambal, Daun bawang dan seledri, iris halus,Bawang goreng. 

Cara Membuat

1. Rebus ayam: Didihkan 2 liter air dalam panci, masukkan ayam, dan rebus hingga ayam empuk. Setelah matang, angkat ayam dan tiriskan. Suwirlah ayam tersebut, lalu sisihkan. Air rebusan ayam (kaldu) tetap digunakan untuk kuah soto.

2. Tumis bumbu halus: Panaskan sedikit minyak di wajan, lalu tumis bumbu halus bersama serai, kayu manis, cengkeh, dan kapulaga. Tumis hingga harum dan bumbu berubah warna menjadi lebih matang.

BACA JUGA:Kadisdik OKU Dorong Inovasi Batik Ecoprint Karya Murid SMP N 3 untuk Seragam Sekolah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: