NASA Luncurkan Europa Clipper Siap Buru Tanda Kehidupan di Jupiter!

NASA Luncurkan Europa Clipper Siap Buru Tanda Kehidupan di Jupiter!

The NASA Europa Clipper spacecraft at NASA's Jet Propulsion Laboratory in Pasadena, Calif., on April 11. Mario Tama / Getty Images file via nbcnews--Mario Tama / Getty Images file via nbcnews

Hal ini dilakukan untuk mengurangi paparan radiasi tinggi dari medan magnet Jupiter, yang bisa merusak perangkat elektronik di pesawat.

Untuk melindungi instrumen-instrumen sensitifnya, Europa Clipper dilengkapi dengan pelindung khusus dari titanium dan aluminium. Jadi, walaupun terpapar radiasi, pesawat diharapkan tetap bisa berfungsi normal selama misinya.

BACA JUGA:Beton Super Tangguh Terinspirasi dari Tulang Manusia!

BACA JUGA:Hujan? Santai Aja! Kenalan dengan Dronebrella, Payung Terbang Canggih!

Kolaborasi Global untuk Menjelajahi Bulan-Bulan Jupiter

Misi Europa Clipper ini juga bagian dari upaya lebih besar untuk mengeksplorasi bulan-bulan di sekitar Jupiter.

Misi ini melengkapi misi Juno yang sudah mengorbit Jupiter dan misi JUICE dari Badan Antariksa Eropa (ESA) yang juga bertujuan mempelajari bulan-bulan besar di sekitar planet raksasa itu.

Hasil dari misi Europa Clipper diharapkan bisa membuka jalan buat misi-misi berikutnya yang mungkin lebih fokus langsung mencari tanda-tanda kehidupan di lautan bawah es Europa.

Kalau ditemukan tanda-tanda kondisi yang bisa mendukung kehidupan, ini bakal jadi langkah besar dalam memahami potensi adanya kehidupan di luar Bumi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: