NASA Luncurkan Europa Clipper Siap Buru Tanda Kehidupan di Jupiter!

NASA Luncurkan Europa Clipper Siap Buru Tanda Kehidupan di Jupiter!

The NASA Europa Clipper spacecraft at NASA's Jet Propulsion Laboratory in Pasadena, Calif., on April 11. Mario Tama / Getty Images file via nbcnews--Mario Tama / Getty Images file via nbcnews

OKES.NEWS - Pada (14/10/2024), NASA resmi meluncurkan misi Europa Clipper dengan roket SpaceX Falcon Heavy dari Kennedy Space Center, Florida. 

Dilansir dari europa.nasa.gov Misi ini punya tujuan besar, yaitu mengeksplorasi bulan Jupiter yang bernama Europa, untuk mencari tahu apakah lingkungan di sana bisa mendukung kehidupan. 

Misi Mahal untuk Menyelidiki Lautan Tersembunyi di Europa

Dengan anggaran sebesar 5,2 miliar dolar AS, Europa Clipper jadi salah satu misi ruang angkasa terbesar NASA.

Ilmuwan percaya bahwa di bawah lapisan es setebal 10 hingga 15 mil (sekitar 16-24 kilometer), ada lautan luas dengan kedalaman sampai 80 mil (130 kilometer).

Lautan ini dianggap salah satu tempat yang menarik untuk mencari tanda-tanda kehidupan di luar Bumi.

Tapi, misi ini nggak langsung mencari makhluk hidup. Tujuan utamanya adalah melihat apakah lingkungan di Europa bisa mendukung kehidupan.

Europa Clipper dilengkapi dengan sembilan instrumen canggih, seperti radar yang bisa menembus es, kamera beresolusi tinggi, spektrometer, magnetometer, dan beberapa alat lainnya.

Alat-alat ini bakal membantu ilmuwan memetakan lapisan es dan menyelidiki komposisi kimia dari lautan yang tersembunyi di bawahnya.

BACA JUGA:Hujan? Santai Aja! Kenalan dengan Dronebrella, Payung Terbang Canggih!

BACA JUGA:Beton Super Tangguh Terinspirasi dari Tulang Manusia!

Perlindungan dari Radiasi Jupiter

Europa Clipper diperkirakan tiba di Jupiter pada tahun 2030.

Pesawat ini nggak bakal mengorbit langsung di Europa, tapi tetap mengelilingi Jupiter dan melakukan 49 kali flyby atau terbang dekat di atas permukaan Europa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: