Lawan Bahrain, China Minta Agar Wasit Bukan dari Arab

Lawan Bahrain, China Minta Agar Wasit Bukan dari Arab

Pemain Timnas China, Jiang Guangtai mencoba menguasai bola saat lawan Indonesia pada laga lanjutan putaran ketiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Qingdao Youth Stadium, Qingdao, China, Selasa, 15 Oktober 2024. -Foto: AFP---

OKES.NEWS - Timnas Indonesia telah beberapa kali menjadi korban keputusan wasit dari Arab. 

Ini terjadi mulai dari turnamen Piala Asia 2023, Piala Asia U-23 (seleksi Olimpiade), hingga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia grup C.

Semua laga yang dijalani oleh Tim Merah Putih di bawah kendali wasit dari Jazirah Arab selalu merugikan. 

Terbaru, dalam pertandingan melawan timnas Bahrain pada matchday ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia grup C, tim asuhan Shin Tae-yong diadili oleh wasit dari Oman, Ahmed Al Kaf.

Kemenangan yang nyaris diraih Indonesia hilang setelah wasit Al Kaf memperpanjang waktu hingga tiga menit.

BACA JUGA:1 Tertangkap di OKU Tiga Orang Masih Diburu Polisi, Terkait Kasus Curanmor

BACA JUGA:Ekowisata

Padahal seharusnya hanya enam menit tambahan waktu, sehingga Bahrain berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2. 

Dua gol Bahrain yang tercipta tidak mendapatkan pemeriksaan dari Video Assistant Referee (VAR), sedangkan gol Indonesia yang dicetak oleh Ragnar Oratmangoen harus melalui pengecekan VAR.

Keputusan aneh dan merugikan yang kerap diambil oleh wasit asal Timur Tengah membuat timnas China waspada menjelang laga melawan tuan rumah Bahrain pada matchday kelima yang dijadwalkan pada 14 November 2024. 

Suporter timnas China mendesak Federasi Sepak Bola China (CFA) untuk mengajukan surat resmi kepada Asian Football Confederation (AFC), meminta agar wasit yang ditugaskan bukan berasal dari Timur Tengah.

Media online China, 163.com, melaporkan, “Suporter timnas China mendesak CFA untuk meminta AFC menyediakan wasit netral yang tidak berasal dari negara-negara Timur Tengah, mengingat pengalaman menyedihkan dan penuh kontroversi yang dialami timnas Indonesia.” 

BACA JUGA:Menuju Mars Elon Musk Siap Bangun Kota 1 Juta Penduduk di Planet Merah

BACA JUGA:Hong Kong Ciptakan Lampu Lalu Lintas Canggih Biar Nggak Terlalu Asyik Main Ponsel Saat Nyebrang!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: