Proyek Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera Tahap II Dilanjutkan

Kamis 03-10-2024,19:00 WIB
Reporter : Aris Munandar
Editor : Gus Munir

PALEMBANG - OKES.NEWS - PT Hutama Karya (Persero) berkomitmen untuk melanjutkan proyek pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Tahap II. 

Salah satu langkah penting adalah penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) untuk ruas Palembang - Betung yang memiliki panjang 69,19 km, yang merupakan bagian dari Tol Kayu Agung - Palembang - Betung (Kapal Betung).

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan, Adjib Al Hakim, menyatakan bahwa langkah ini bertujuan untuk membuka konektivitas baru antara Palembang dan Jambi. 

“Inisiatif ini diharapkan dapat memperkuat jaringan transportasi serta mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah Sumatra,” ungkapnya.

PPJT ditandatangani oleh Direktur Utama Hutama Karya, Budi Harto, dan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Miftachul Munir, pada hari Senin, 30 September 2024. 

BACA JUGA:Museum Permen Pertama di Dunia Segera Buka di Dubai

BACA JUGA:Coldplay Gelar Konser di India Januari 2024 dan Pensiun di Tahun 2025

Acara tersebut juga dihadiri oleh Direktur Jenderal Bina Marga, Rachman Arief Dienaputra, serta Direktur Jalan Bebas Hambatan, Wilan Oktavian. 

"Dengan ditandatanganinya PPJT ini, pembangunan Ruas Tol Palembang - Betung akan dilanjutkan. Kami yakin proyek ini akan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan meningkatkan konektivitas di wilayah Sumsel," tambah Adjib.

Jika sepenuhnya terhubung, Tol Kayu Agung - Palembang - Betung akan memiliki panjang total 111,6 km dan menjadi bagian penting dari jaringan JTTS. 

Proyek ini, yang membutuhkan investasi sebesar Rp 14,981 triliun, akan menghubungkan Palembang dengan Betung, dan diperkirakan dapat mengurangi waktu perjalanan dari 3,5 jam menjadi 1 jam. Adjib menargetkan penyelesaian jalan ini pada akhir tahun 2025.

Selain itu, ruas tol ini akan menjadi jalur utama yang menghubungkan kawasan ekonomi, industri, dan Pelabuhan Bakauheni di Lampung, serta terintegrasi dengan Ruas Betung - Tempino - Jambi yang saat ini menunjukkan kemajuan konstruksi yang signifikan.

BACA JUGA:Infinix Rilis Smart 9, HP Entry-Level dengan Janji Kinerja Stabil 48 Bulan

BACA JUGA:ZTE Rilis Blade A75 5G, Varian Terjangkau dengan Spesifikasi Mantap

Adjib menambahkan bahwa kehadiran Tol Palembang-Betung tidak hanya akan memperlancar distribusi barang dan jasa, tetapi juga berdampak positif terhadap pengembangan ekonomi wilayah.

Kategori :