Desa Cantik Bikin OKU ‘Cantik’ dengan Data

Desa Cantik Bikin OKU ‘Cantik’ dengan Data

Ilustrasi.--

Hal itu dilakukan agar nantinya upaya pengentasan kemiskinan dan percepatan penurunan angka stunting dapat terwujud.

Pada 22 Maret lalu, Desa Karang Dapo melaksanakan pencanangan Desa Cantik sekaligus peresmian Ruang Publik dan Peresmian HATI-nya PKK Tahun 2022 yang diresmikan oleh Bupati OKU. 

Dalam acara tersebut Bupati menyampaikan Pemerintah Kabupaten OKU mengapresiasi jajaran Pemerintah Desa Karang Dapo yang telah melakukan terobosan dalam rangka memajukan Desa Karang Dapo dan berharap kepada BPS OKU agar dapat menjadikan Desa di Kabupaten OKU menjadi Desa percontohan Program DESA CANTIK. 

BACA JUGA: Pramuka, Menarik dan Menyenangkan untuk Semua Usia

Sebagai salah satu desa yang terpilih sebagai desa cantik, Desa Karang Dapo bisa menjadi booster dalam pengembangan dan memberi pengaruh pada desa-desa yang lain di OKU.

Data dan informasi yang valid dan berkualitas yang dikumpulkan oleh agen statistik desa di OKU menjadi landasan perumusan, pengambilan dan evaluasi kebijakan pemerintah.

Kebijakan tersebut akan membuat OKU BANGKIT dalam meningkatkan perekonomian dan pembangunan secara berkesinambungan. 

Pembangunan tentu memerlukan proses perencanaan yang matang agar tidak salah sasaran atau gagal dalam mencapai tujuan.

BACA JUGA: 10 Tahun, Kualitas IPM OKU Konsisten Naik

Pada proses perencanaan, data sangatlah diperlukan. 

Contohnya, membangun sebuah SD di desa yang mayoritas penduduknya berusia tua tentu pemborosan anggatan dan dinilai tidak tepat sasaran. 

Ada beberapa slogan bijak tentang data yang harus disadari dan dijadikan landasan pembangunan perekonomian oleh pemerintah dan masyarakat Kabupaten OKU.

Diantaranya sulit membangun data, namun lebih sulit membangun tanpa data dan data itu mahal, membangun tanpa data lebih mahal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: