Ngaben di OKU Timur, 125 Jenazah Disucikan

Ngaben di OKU Timur, 125 Jenazah Disucikan

Ngaben di Desa Karang Mulya Kecamatan Semendawai Timur dihadiri ribuan undangan, upacara ini dilaksanakan 5 tahun sekali. Foto: Dwi/OKU Timur Pos.--

OKU TIMUR, OKES.CO.ID – Sebanyak 125 jenazah umat Hindu yang telah meninggal dunia dibakar dalam upacara penyucian roh yang dikenal ngaben

Upacara ngaben berlangsung di Desa Karang Mulya, Kecamatan Semendawai Timur, pada 14 September 2022 lalu. 

Dari jumlah 125 jenzah tersebut terdiri dari 82 jenazah orang dewasa dan 43 anak-anak.

Upacara ngaben dihadiri ribuan pengunjung baik dari umat hindu maupun warga sekitar. 

BACA JUGA: Ditembus 2 Peluru, Jamaludin Tewas di Pinggir Jalan

I Ketut Budiase selaku tokoh agama Hindu setempat mengatakan, upacara Ngaben ini ada beberapa tahapan.

Diawali dengan pengusungan jenazah melalui tumpeng bade ke kuburan. Bade merupakan wadah yang paling tinggi dilengkapi tangga.

“Setelah sampai di kuburan, seluruh jenazah diturunkan untuk dinaikan ke wadah yang disesuaikan dengan simbol keluarga atau warnanya. Ada wadah yang memakai lembu atau singa dan lain-lain selanjutnya dilakukan pembakaran,” terang Ketut.

Makna dari upacara ngaben ini, lanjut Ketut, badan kasar jenazah kembali ke Panca Maha Buta atau lima unsur yaitu api, tanah, air, angin dan udara.

BACA JUGA: Dua Kasat Jadi Kapolsek

Dimana sang roh kembali ke asalnya yaitu Tuhan.

“Itulah inti dari prosesi ngaben ini. setelah Ngaben, dilanjutkan dengan Ngerorasan atau menyempurnakan taman atau roh yang disucikan dengan didoakan oleh pendeta dan seluruh kelurganya. Ini bertujuan agar sang roh menjadi sempurna bersatu kembali kepada Sang Pencipta,” terangnya.

Sementara Nengah Hardika, Panitia Ngaben mengatakan, upacara Ngaben merupakan prosesi 5 tahunan sekali yang dilakukan umat Hindu di desanya.

Pelaksanaannya hari ini dianggap merupakan hari baik berdasarkan perhitungan Suci Pandita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: okutimurpos.disway.id