Banner Sekwan DPRD OKU 2024

Kejari OKU Selatan Musnahkan Barang Bukti, Terbanyak Narkoba

Kejari OKU Selatan Musnahkan Barang Bukti, Terbanyak Narkoba

Kejari OKU Selatan memusnahkan barang bukti sejumlah perkara yang telah berkekuatan hukum tetap.-Foto: Ist.-

OKU SELATAN, OKES.CO.ID - Kejaksaan Negeri (Kejari) OKU Selatan memusnahkan Barang Bukti (BB) Perkara tindak pidana umum yang telah berkekuatan hukum tetap (inkracht) pada 1 November lalu. 

Pemusnahan BB itu dipimpin Kajari OKU Selatan Adi Purnama didampingi para Kasi dikejari, serta dihadiri oleh Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo serta pejabat pemerintah lainnya.

Kajari OKU Selatan Adi Purnama menyampaikan, BB yang dimusnahkan ini merupakan BB perkara umum ini pada periode Januari - Oktober 2022. 

BACA JUGA: Bandar Sabu Diciduk, Temukan 75,59 Gram Sabu Dalam Gelas

"Perkara tertinggi didominasi oleh narkotika yang melebihi dari kasus lain," ucapnya.

Diantraanya tindak pidana narkotika 75 perkara, pencurian 59 perkara, kekerasan terhadap anak 42 perkara, penganianayaan 16 perkara, pembunuhan 6, penipuan 2 perkara, KDRT 2 perkara, pemerkosaan terhadap orang dewasa 2 perkara, kepemilikan senpi 1 perkara, ganja 114 gram dan lainnya. 

Sejauh ini, lanjutnya, setiap kabupaten, kasus narkotika yang tertinggi. Sedangkan di OKU Selatan didominasi narkoba yang dipasok dari daerah luar.

BACA JUGA: Mantan Kadin Pertanian OKU Selatan Dijebloskan ke Tahanan

Pemusnahan BB ini bertujuan agar Kabupaten OKU Selatan dapat mengurangi tindak kriminal. 

"Untuk mencegah itu, sosialisasi bahaya narkoba dilakukan. Sosialisasi ini dilakukan di sekolah dan di desa," ucapnya.

Karena efek pemakaian narkotika sangat besar, maka untuk Kejari OKU Selatan mengingatkan masyarakat OKU Selatan agar tidak mengkonsumsi barang haram itu.

BACA JUGA: Kabel Listrik PLN Hilang Dicuri

Sementara itu, Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo menyampaikan, pemusnahan barang bukti ini menjadi refleksi bersama dan menjadi perhatian bersama dalam mencegah penyebarluasan narkotika.

"Pelaku maupun korban menjadi potensi pasar bagi pelaku luar daerah untuk menjajakan narkotika di OKU Selatan," ucapnya.

Mudah-mudahan OKU Selatan mampu mencegah narkotika karena efek mengkonsumsi narkotika itu sangat besar.

“Semoga dengan adanya pemusnahan BB ini masyarakat paham bahaya narkotika. Sehingga bagi yang belum jangan pernah mencoba untuk mengkonsumsi narkotika ini," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: okuselatan.disway.id