Di Balik Bencana, Ada Lahan Bersedekah

Di Balik Bencana, Ada Lahan Bersedekah

Foto: Ilustrasi. (*)--

Oleh karena itu, kaum muslimin yang dirahmati Allah, marilah kita bersedekah dan melakukan berbagai kebaikan di masa-masa sulit seperti sekarang ini. Jangan menunggu sampai kita terkena musibah, baru kita bersedekah. Kita lakukan sedekah sekarang supaya kita terhindar dari berbagai musibah.   

Jagalah diri kalian dari api neraka walaupun hanya dengan sedekah separuh dari biji kurma. (HR al-Bukhari)   

Orang miskin bisa bersedakah sesuai kemampuannya kepada orang yang lebih miskin. Orang kaya dapat menyalurkan sedekahnya dalam jumlah besar melalui ormas atau lembaga terpercaya, atau langsung melalui pemerintah di daerah masing-masing. 

Kalau sedekah ini telah menjadi sebuah gerakan bersama dan disalurkan serta diberikan secara tepat kepada setiap orang yang membutuhkan, maka insyaallah instruksi pemerintah agar semua lapisan masyarakat tidak keluar rumah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, akan ditaati bersama.

Hadirin yang Dirahmati Allah 

Sedekah tidak harus berupa uang. Sedekah bisa berupa barang, sembako, selimut, pakaian layak, popok untuk bayi, nasi bungkus, tenaga, pikiran, atau apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat di musim ini. 

Bahkan Rasulullah menganjurkan agar bersedekah. Sedekah adalah obat bagi segala macam penyakit. Baginda Nabi bersabda lindungilah harta kalian dengan zakat dan obatilah orang-orang sakit di antara kalian dengan sedekah. (HR Ath-Thabrani).   

Dan sangat penting untuk kita yakini bahwa harta sejatinya tidak akan berkurang dengan sebab sedekah. Justru sedekah akan menjadikan harta berlimpah berkah. Rasulullah  bersabda harta tidak akan berkurang dengan sebab sedekah. (HR Muslim).   

Demikian khutbah yang singkat ini. Mudah-mudahan bermanfaat dan membawa barakah bagi kita semua. Amin Ya rabbal ‘alamin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: