Ramadhan, Beragama, dan Media Sosial

Ramadhan, Beragama, dan Media Sosial

Khotib : Ust. A Yasin--

 

Jangan langsung mempercayai informasi yang kita peroleh tanpa melakukan pengecekan dan pemahaman yang mendalam mengenai pandangan atau opini tersebut. Allah swt telah mengingatkan kita dalam firman-Nya:

 

 يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِنْ جَاۤءَكُمْ فَاسِقٌۢ بِنَبَاٍ فَتَبَيَّنُوْٓا اَنْ تُصِيْبُوْا قَوْمًا ۢ بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوْا عَلٰى مَا فَعَلْتُمْ نٰدِمِيْنَ ۝٦ 

 

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, jika seorang fasik datang kepadamu membawa berita penting, maka telitilah kebenarannya agar kamu tidak mencelakakan suatu kaum karena ketidaktahuan(-mu) yang berakibat kamu menyesali perbuatanmu itu. (QS Al-Hujurat: 6). 

 

Ayat ini menekankan pentingnya melakukan klarifikasi atau tabayun terhadap informasi yang diterima sebelum menyebarluaskannya kepada orang lain. Kita harus memastikan kebenaran informasi tersebut agar tidak menimbulkan kesalahan yang tidak diinginkan. Kita perlu sadari bahwa siapapun di media sosial bisa menyampaikan berbagai hal sesuai keinginannya sendiri walaupun orang tersebut tidak menguasai ilmunya. Sehingga jangan sampai kita mengonsumsi dan mengikuti informasi atau ilmu di media sosial dari orang yang tidak berkompeten di bidangnya. Hal ini sudah diingatkan pula dalam Al-Qur’an: 

 

وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهٖ عِلْمٌۗ اِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ اُولٰۤىِٕكَ كَانَ عَنْهُ مَسْـُٔوْلًا ۝٣٦ 

 

Artinya: “Janganlah engkau mengikuti sesuatu yang tidak kauketahui. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati nurani, semua itu akan diminta pertanggungjawabannya.” 

 

Ayat ini juga menegaskan pentingnya memiliki pengetahuan yang cukup sebelum mengambil keputusan atau tindakan khususnya dalam beragama. Pengetahuan dalam beragama yang benar harus berimbang dengan semangat kita dalam beragama. Tanpa ilmu yang mendalam, semangat beragama bisa menjadi salah aturan dan sasaran sehingga berdampak negatif bagi diri kita. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: