Apa itu El Nino dan La Nina ? Dampak Fenomena yang bikin Panas Dingin

Apa itu El Nino dan La Nina ? Dampak Fenomena  yang bikin Panas Dingin

ilustrasi-ist-

 

OKES.CO.ID- Saat ini  fenomena El nino menjadi perbincangan hangat dan topik yang dibahas di media sosial bahkan pemberitaan. Terkait hal ini, menjadikan sebagian orang yang tak tahu apa itu El nino ikut merasakan kepanikan tersebut. 

 

Agar tidak salah paham dengan  El nino, sebaiknya untuk memahami apa itu El Nino dampak dan proses terjadinya fenomena ini.

 

El Nino adalah fenomena alam yang terjadi secara periodik dan melibatkan fluktuasi suhu permukaan air di Samudra Pasifik tengah dan timur. Dan kini dikabarkan akan dialami di bagian ASia termasuk Indonesia.

 

Fenomena ini terjadi ketika suhu permukaan air yang biasanya dingin di sekitar pesisir barat Amerika Selatan menjadi lebih hangat dari biasanya.

 

El Nino memiliki dampak yang signifikan pada cuaca global dan dapat mempengaruhi pola iklim di berbagai belahan dunia. Beberapa efek yang sering terjadi akibat El Nino antara lain:

 

Peningkatan suhu permukaan air di Samudra Pasifik timur dan tengah dapat mengakibatkan penurunan curah hujan di sebagian besar Amerika Selatan, termasuk wilayah yang biasanya lembap seperti Peru dan Ekuador. 

Hal ini sering menyebabkan kekeringan yang parah dan dapat berdampak negatif pada pertanian, persediaan air, dan kehidupan hewan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: