Apa itu El Nino dan La Nina ? Dampak Fenomena yang bikin Panas Dingin

Apa itu El Nino dan La Nina ? Dampak Fenomena  yang bikin Panas Dingin

ilustrasi-ist-

Di sisi lain, beberapa wilayah di Pasifik barat, seperti Australia, dapat mengalami curah hujan yang lebih tinggi dari biasanya. 

Ini dapat menyebabkan banjir, gangguan pada pertanian, dan perubahan ekosistem.

 

BACA JUGA:6 Deretan Nama Pelatih Bola Tersukses Sepanjang Sejarah, Adakah Favoritmu?

El Nino juga dapat mempengaruhi pola cuaca di berbagai belahan dunia. Misalnya, beberapa wilayah di Asia Tenggara dan Afrika bagian timur dapat mengalami curah hujan yang berkurang, sedangkan wilayah lain seperti Amerika Utara dapat mengalami cuaca yang lebih basah dan suhu yang lebih tinggi dari biasanya.

 

Selain dampak pada cuaca, El Nino juga dapat mempengaruhi ekosistem laut. Perubahan suhu permukaan air dapat mengganggu rantai makanan dan mengurangi produktivitas perikanan, yang pada gilirannya dapat berdampak pada sektor perikanan dan kelangsungan hidup spesies laut tertentu.

BACA JUGA:8 Tips Merawat Kendaraan Listrik Agar Baterai Tetap Awet dan Tahan Lama

El Nino adalah bagian dari fenomena yang lebih besar yang dikenal sebagai Southern Oscillation, yang melibatkan fluktuasi tekanan atmosfer di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. 

Ketika El NiNo terjadi bersamaan dengan Southern Oscillation positif (El NiNo-Southern Oscillation atau ENSO), dampaknya cenderung lebih kuat dan lebih luas. 

Fenomena sebaliknya, dengan suhu permukaan air yang lebih dingin dari biasanya, disebut La Nina.(*)

Apa itu La Nina

BACA JUGA:Apa Itu Pakar SEO dan Kegunaannya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: