Pemkab OKU Timur Pamerkan Pakaian Ningrat Suku Komering

Pemkab OKU Timur Pamerkan Pakaian Ningrat Suku Komering

PAMERKAN: Stand Disperindag OKU Timur dengan memamerkan kain bidak dan kerajinan lainnya saat Sriwijaya Expo 2023.-ist-

PALEMBANG,OKESNEWS -Pemerintah Kabupaten OKU Timur (OKUT) melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) terus gencar mengenalkan hasil kerajinan dan makanan olahan yang diproduksi oleh UMKM asal OKU Timur. 

Seperti saat mengikuti event Sriwijaya Expo 2023 di Main Dining Hall, Jakabaring Sport City, Palembang, 24-28 Mei 2023. Pada event tersebut, Pemerintah Kabupaten OKU Timur memamerkan  kain bidak.

Itu dilakukan sebagai bentuk sosialisasi dan memperkenalkan pakaian kain bidak kepada masyarakat luas. Kain  bidak merupakan khas asli pesisir Komering, OKU Timur. 

"Dimana selama ini sudah hilang di peredaran. Sekarang kami akan angkat lagi kain  tradisional ini, dan dikenalkan ke masyarakat dengan ada peningkatan mutu,” kata Kepala Disdagperin OKU Timur, H Amin Zen SKM SE MM didampingi Ketua Tim, Irwansyah ST, Selasa (30/5).

Amin Zen  menjelaskan, kain bidak ini zaman dulu memiliki kedudukan yang tinggi bagi masyarakat adat sepanjang aliran way komering. Kain ini hanya dipakai oleh keluarga kalangan ningrat atau keluarga kepala marga.

“Dan pemakaiannya untuk acara-acara resmi tertentu. Seperti acara pernikahan, cakak pepadun atau pengangkatan kepala marga,” urainya. 

Selain menampilkan kain bidak, pada event untuk memeriahkan HUT Provinsi Sumsel ke 77 itu, OKU Timur juga hadirkan kain Angkinan yang juga kain khas daerah. 

Selain itu juga pamerkan beberapa hasil kerajinan, makanan olahan dan lain-lain yang diproduksi oleh UMKM OKU Timur. 

Seperti tas anyaman purun dari bambu, kerajinan batok kelapa dan dari pelepah pinang. Kemudian ada makanan seperti keripik tempe, keripik dari ikan patin dan lainnya. 

“Kami buka stand dengan memamerkan produk unggulan lokal OKU Timur yang dibuat oleh para pelaku UMKM. Harapannya, bisa meningkatkan ekonomi bagi pelaku UMKM itu sendiri,” pungkasnya. (gsm)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: