CERMATI! 7 Penyebab Diabetes Berikut Tipe Gejala yang Ditimbulkan

CERMATI! 7 Penyebab Diabetes Berikut Tipe Gejala yang Ditimbulkan

Ilustrasi--

KESEHATAN - OKES.NEWS, Diabetes mellitus, yang umumnya disebut diabetes, adalah kondisi kronis yang ditandai oleh tingginya kadar gula darah dalam tubuh. Kondisi ini terjadi karena gangguan dalam produksi, penggunaan, atau fungsi insulin, hormon yang diproduksi oleh pankreas untuk mengatur kadar gula darah.

Insulin memainkan peran penting dalam metabolisme glukosa dalam tubuh. Ketika seseorang memiliki diabetes, tubuh tidak dapat menghasilkan insulin dengan cukup (diabetes tipe 1), atau tidak dapat menggunakan insulin secara efektif (diabetes tipe 2). Ada juga jenis diabetes lain, seperti diabetes gestasional yang terjadi pada wanita hamil, dan diabetes tipe lain yang disebabkan oleh kondisi khusus atau faktor genetik.

Kadar gula darah yang tinggi dalam jangka panjang dapat menyebabkan komplikasi serius pada organ tubuh, termasuk jantung, pembuluh darah, mata, ginjal, saraf, dan sistem kekebalan tubuh.

Gejala umum diabetes yang berhasil dirangkum dari beberapa ahli kesehatan meliputi:

- Sering merasa haus dan sering buang air kecil

- Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan

- Kelelahan yang berlebihan

- Sering merasa lapar

- Luka yang sulit sembuh

- Infeksi berulang

- Penglihatan kabur

- Kesemutan atau mati rasa pada tangan dan kaki

PENYEBAB UMUM GEJALA DIABETES 

1. Resistensi insulin: Resistensi insulin terjadi ketika tubuh tidak merespons dengan baik terhadap insulin yang diproduksi oleh pankreas. Hal ini menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Resistensi insulin adalah penyebab umum dari diabetes tipe 2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: