Sejak 2022 Masih Ada 60 Desa di OKU Selatan Tergolong Desa Tertinggal

Sejak 2022 Masih Ada 60 Desa di OKU Selatan Tergolong Desa Tertinggal

--

OKU SELATAN,OKES.NEWS- Berdasarkan Indeks Desa Membangun Tahun 2022, untuk wilayah Kabupaten OKU SELATAN terdapat 60 Desa masuk dalam kategori Desa Tertinggal.

Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) A. Romzi, SE., M.M melalui Kabid Penataan Desa dan Perencanaan Pembangunan Desa Iqbal Surya, S. Kom, Rabu (14/6).

BACA JUGA:PREDIKSI Spanyol Vs Italia UEFA Nations League : Tidak Ada yang Diunggulkan

Dikatakannya, dari 252 Desa yang ada di OKU Selatan terdapat Desa Kategori Berkembang sebanyak 169 Desa, Desa Maju 23, Desa Tertinggal 60 sedangkan sangat Tertinggal 0, sementara Desa Mandiri belum ada.

“Untuk di OKU Selatan Desa mandiri belum ada, mengenai Desa sangat tertinggal sejak Tahun 2022 sudah tidak ada lagi, sebelumnya memang ada 4 di wilayah Kecamatan Sungai Are. 

Terakhir Tahun 2022 terdapat 4 Desa yang termasuk dalam kategori sangat tertinggal Masuk kategori tertinggal tapi sekarang sudah tidak ada lagi,” ucapnya.

BACA JUGA:7 Fakta Ciri-ciri Anak Jenius Diatas Rata-Rata, Bisa Dilihat dari Tingkah Lakunya

Karena, yang masuk dalam kategori tertinggal Tahun 2022 sudah masuk ke kategori berkembang, lantaran memang sudah masuk dalam kriteria tertentu seperti.

Sejauh ini. Lanjut Iqbal, Pemerintah Kabupaten telah berupaya melalui Kepala Desa mengikuti prosedur yang menjadi persyaratan menjadi perubahan status desa.

“Untuk mengubah status itu, Desa harus memiliki fasilitas umum, diantaranya pelayanan umum, peningkatan infrastruktur, fasilitas pendidikan, dan seterusnya itu juga menjadi tugas kepala Desa untuk pemenuhan syarat tertentu itu,” terangnya.

BACA JUGA:Oknum PNS Pemkab OKU Timur Bawa Sabu Terancam Sanksi Terberat

Ada pun, untuk target Pemerintah Kabupaten OKU Selatan kedepannya, dari tertinggal menuju ke berkembang, dari berkembang ke maju.“Kalau data ini tersebar diseluruh Kecamatan diwilayah Kabupaten OKU Selatan, karena memang data secara resmi terdaftar di Indeks Desa Membangun,” jelasnya. (Dal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: