Pj Bupati OKU Soal Karhutla Meningkat: Ada Bantuan dari pusat Dana Sebesar Rp5 Miliar

Pj Bupati OKU Soal Karhutla Meningkat: Ada Bantuan dari pusat Dana Sebesar Rp5 Miliar

POSE: Nota Kesepahaman (MOU) Antara PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung dengan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) -Bagus Agrar Budiansyah-

Pj Bupati OKU Soal Karhutla Meningkat: Ada Bantuan dari pusat Dana Sebesar Rp5 Miliar 

BATURAJA, OKES.NEWS, Pj Bupati Ogan Komering Ulu Teddy Meilwansyah menyampaikan tanggapannya mengenai kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayahnya. 

Ia mengatakan bahwa telah ada bantuan dari pusat berupa dana sebesar Rp5 miliar dan peralatan pemadam kebakaran, seperti nozle selang dan mesin air.

Teddy juga mengungkapkan bahwa jumlah titik hotspot di wilayah OKU meningkat, yaitu mencapai 143 titik, dengan titik tertinggi berada di Kecamatan Lengkiti dan Lubuk Batang.

Menanggapi hal tersebut, Teddy mengimbau kepada para kepala desa (kades) untuk mengaktifkan kembali relawan karhutla dan siskamling. 

BACA JUGA:Sosok Bandar Narkoba Kelas Kakap Fredy Pratama Sindikat APS Selebgram Palembang, Berikut Profilnya

Hal ini bertujuan agar tim satgas dapat menerima laporan mengenai karhutla lebih cepat dan dapat melakukan penanganan lebih efektif.

"Perhari ini titik hotspot terus meningkat, hari ini titik hotspot sudah ada sekitar 143, yang paling banyak didaerah lengkiti dan lubuk batang" Ujarnya.

Tanggapan Teddy Meilwansyah tersebut menunjukkan bahwa pemerintah daerah OKU berupaya untuk mencegah dan menangani karhutla.

 Ia telah meminta bantuan dari pusat dan melakukan sejumlah langkah, seperti mengaktifkan kembali relawan karhutla dan siskamling.

BACA JUGA:KPU OKU Segera Audit 18 Parpol

Agar upaya tersebut dapat berhasil, diperlukan dukungan dari masyarakat, terutama para kades dan warga desa. Kades dapat berperan aktif dalam mengaktifkan kembali relawan karhutla dan siskamling. 

Sementara itu, warga desa dapat berperan aktif dalam mencegah karhutla dengan tidak membakar lahan secara sembarangan.(Gus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: