Dorong Kualitas Pertanian, Gubernur Sumsel Herman Deru Percepat Distribusi Pupuk Subsidi

Dorong Kualitas Pertanian, Gubernur Sumsel Herman Deru Percepat Distribusi Pupuk Subsidi

-Ist -

Dorong Kualitas Pertanian, Gubernur Sumsel Herman Deru Percepat Distribusi Pupuk Subsidi

PALEMBANG - OKES.NEWS,Gubernur Sumsel H. Herman Deru terus gencar berupaya meningkatkan produksi pertanian di Sumsel, salah satunya dengan mempercepat distribusi pupuk bersubsidi, yang merupakan komponen penting dalam pertanian.

"Bicara tentang pertanian, kita harus menjangkau dari hulu sampai hilir, termasuk dalam distribusi pupuk. Distribusi yang efisien kepada para petani adalah langkah kunci untuk meningkatkan kualitas pertanian," kata Herman Deru saat rapat evaluasi dan percepatan penyaluran pupuk bersubsidi provinsi Sumsel tahun 2023 di Ballroom Hotel Swarna Dwipa Palembang, Kamis (14/9).

BACA JUGA:Daftar Nama Profil Penjabat Wako dan Bupati Diumumkan Gubernur Sumsel H Herman Deru

Menurutnya, kolaborasi dan sinergi antara berbagai pihak harus terus ditingkatkan agar pupuk bersubsidi dapat tersalurkan dengan baik. Distributor pupuk juga harus merancang strategi bisnis yang tepat agar serapan pupuk bersubsidi sesuai dengan target yang ditetapkan.

"Kita harus menjaga alur distribusi pupuk bersubsidi agar tidak mengalami kendala. Saat ini, serapan pupuk urea dan NPK hanya mencapai sekitar 50 persen," ujarnya.

Herman Deru sedang mencari penyebab rendahnya serapan pupuk bersubsidi saat ini, apakah disebabkan oleh kelalaian distributor atau faktor lain seperti kuota yang terlalu besar atau masalah pada sistem aplikasinya. "Ini yang akan kita selidiki dalam rapat ini," tambahnya.

BACA JUGA:Pesan Gubernur Sumsel Herman Deru Saat Buka Tabligh Akbar, Resmikan ATM Bank Sumsel dan Sumbang Mart Booth

Gubernur juga menjelaskan bahwa rapat ini berawal dari laporan PT. Pupuk Indonesia, khususnya PT. Pusri, yang mengindikasikan adanya overstock pupuk, sementara petani mengeluh tentang kekurangan pupuk.

Oleh karena itu, diperlukan kesamaan strategi bisnis antara berbagai pihak untuk memaksimalkan distribusi pupuk bersubsidi.

"Ini adalah langkah kita untuk menciptakan kerja sama yang lebih baik dalam distribusi pupuk," tegasnya.

Herman Deru juga meminta para distributor untuk menjadi lebih proaktif dalam pendistribusian pupuk bersubsidi.

BACA JUGA:Inilah Posisi Penting di Bank Sumsel Babel yang Baru Dikukuhkan Gubernur Sumsel Herman Deru

"Iya, musim El Nino menyebabkan kekeringan dan banyak petani tidak melakukan tanam, tetapi itu bukan satu-satunya penyebabnya. Kami mengharapkan para distributor untuk tetap aktif sehingga ketika musim normal kembali, kita tidak kehabisan stok pupuk," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: