Hasilkan Cuan dari Batok Kelapa Jadi Briket, Begini Cara Membuatnya

Hasilkan Cuan dari Batok Kelapa Jadi Briket, Begini Cara Membuatnya

briket--

Hasilkan Cuan dari Batok Kelapa Jadi Briket, Begini Cara Membuatnya

OKES.NEWS - Batok Kelapa selama ini hanya menjadi limbah jika tidak berada di tangan yang tepat. Sama seperti kayu, yang jika dibakar dapat menjadi arang, arang dari Batok kelapa sendiri bisa digunakan sebagai bahan bakar yang dinilai cukup optimal dalam mempertahankan bara api. 

Arang yang merupakan bahan bakar tradisional yang telah digunakan turun temurun, namun jika produksinya dari penggunaan kayu bakar, maka masalah deforestasi akan terus meluas.

Arang dari batok kelapa bisa dijadikan briket arang yang lebih bermanfaat dalam mengatasi deforestasi serta masalah lingkungan lainnya.

BACA JUGA:Peras Kepala Sekolah di OKU Timur, Apa Alasan Beri Uang ke LSM, Emang Ada Kasus Apa Kok Mau?

Selain itu, briket arang lebih menguntungkan baik dari segi ekonomi, maupun energi yang dihasilkan oleh briket arang itu sendiri.

Briket sendiri merupakan bongkahan bahan yang mudah terbakar, biasa digunakan untuk menyalakan dan memelihara api, baik di dalam panggangan ataupun diruang terbuka. 

Sebagai bahan yang mudah terbakar, briket arang dapat dijadikan sebagai salah satu sumber energi alternatif terbarukan yang berasal dari tumbuhan atau tanaman, pengganti minyak bumi dan energi lainnya yang umumnya berasal dari fosil.

Briket arang yang memiliki kerapatan yang tinggi dari hasil pengelolaannya, dapat memberikan kualitas briket arang yang terbaik, dalam pemanfaatannya briket arang yang baik akan menghasilkan panas yang lebih tinggi juga tahan lama sehingga lebih murah dan efisien, tidak memiliki bau, memiliki aroma alami dan segar, juga bersih.

Diluar negeri sendiri seperti di Amerika, Jerman, Spanyol, Australia, Brazil, dari negara Eropa hingga Asia, permintaan briket arang menjadi komoditi besar. 

Dalam penggunaannya briket arang di luar negeri digunakan sebagai bahan utama untuk menikmati rokok shisha, yang merupakan kebutuhan umum mereka.

BACA JUGA:INOVATIF Ubah Serbuk Serkel Menjadi Jamur Krispi

Selain itu, briket arang juga populer di kalangan produk skinker dengan kandungan “charcoal” . Menurut sebuah studi kecantikan, arang briket mampu melembutkan serta membersihkan wajah, mampu mengurangi kadar minyak pada wajah sekaligus melembabkan kulit, juga mampu mengobati jerawat yang meradang.

Melansir akun media sosial Jamal Pabbicara seorang pengusaha briket arang, 1 karung batok kelapa harga 40 ribu, berat rata-rata 40kg/karung, setelah dibakar menjadi arang hasilnya jadi 10kg. Jika dijual dalam bentuk arang batok 6000/kg, jika diolah menjadi briket batok kelapa beliau menjualnya dengan harga 15 ribu per kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: