Mengatasi dan Merawat Kulit Sensitif dengan Efektif

Mengatasi dan Merawat Kulit Sensitif dengan Efektif

ilustrasi--

OKES.NEWS - Kulit sensitif merupakan kondisi umum di mana kulit cenderung lebih rentan terhadap iritasi, kemerahan, gatal, atau reaksi alergi terhadap berbagai faktor eksternal.

Seperti cara membersihkan make-up yang terlalu kasar, paparan sinar matahari berlebihan, polusi udara, atau penggunaan produk perawatan kulit yang tidak tepat.

Merawat kulit sensitif memerlukan perhatian khusus untuk menghindari iritasi yang lebih meluas dan masalah kulit lainnya. Karena itu kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebab dari kulit sensitif.

BACA JUGA:Bahaya dibalik Gula Tidak Semanis Rasanya, Kamu Wajib Tahu!

Penyebab Kulit Sensitif

• Genetika: Faktor genetik memainkan peran besar dalam kepekaan kulit. Jika memiliki riwayat keluarga dengan kulit sensitif, Anda mungkin lebih rentan terhadap kondisi serupa.

• Kondisi Medis: Beberapa kondisi kesehatan seperti dermatitis atopik, rosacea, atau eksim dapat membuat kulit lebih sensitif.

• Paparan Lingkungan: Sinar matahari berlebihan, polusi udara, atau suhu ekstrem dapat merusak lapisan pelindung kulit dan memicu reaksi kulit sensitif.

• Penggunaan Produk yang Salah: Penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia keras, pewangi, atau alkohol dapat mengiritasi kulit sensitif. 

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti:

1. Pilih produk perawatan kulit yang Tepat : Gunakan pembersih wajah dan produk perawatan kulit lainnya yang dirancang khusus untuk kulit sensitif. Pastikan produk tersebut bebas pewangi (fragrance) dan alkohol.

 

Sebaiknya hindari memilih produk pembersih wajah yang mengandung antibakteri, alkohol, retinoid atau asam alfa-hidroksi dan sodium lauryl sulfate (SLS). Temukan oembersih wajah yang memiliki pH yang sesuai dengan pH alami kulit.

2. Hindari paparan sinar matahari berlebih: Gunakan tabir surya dengan SPF tinggi, karena beberapa bahan dalam tabir surya dapat menyebabkan reaksi alergi, carilah yang mengandung zinc oxide atau titanium dioxide. Pilih juga tabir surya yang berspektrum luas dan memiliki SPF 30 atau lebih tinggi untuk melindungi kulit Anda dari sinar UV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: