Demi Menjaga Ketahanan Pangan, Kodim 0403 OKU Budidaya Ikan Gabus

Demi Menjaga Ketahanan Pangan, Kodim 0403 OKU Budidaya Ikan Gabus

Dandim 0403 OKU Letkol Inf Harri Feriawan Rumawatine memberikan sambutan usai mengikuti Vidcon Gerakan nasional ketahanan pangan tahun 2023, di kampung budidaya ikan gabus Desa Marta Jaya Kecamatan Lubuk Raja, Rabu (1/11/2023).-Gus Munir/OKES-

LUBUK RAJA, OKES.NEWS - Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan, Kodim 0403 OKU miliki program unggulan. Yakni budidaya ikan gabus.

“Ini salahsatu upaya kami untuk menjaga dan meningkatkan ketahanan pangan. Terutama untuk memenuhi konsumsi ikan gabus di OKU. Baik dikonsumsi dalam bentuk ikan atau produk ikan gabus lainnya seperti hilirisasi porduk ikan gabus,” ujarnya Dandim 0403 OKU Letkol Inf Harri Feriawan Rumawatine.

Pernyataan  Letkol Inf Harri Feriawan Rumawatine itu diungkapkan saat mengikuti Vidcon Gerakan nasional ketahanan pangan tahun 2023, di kampung budidaya ikan gabus Desa Marta Jaya Kecamatan Lubuk Raja, Rabu (1/11/2023).

Adanya demplot gabus ini diharapkan dapat meningkatkan dan mensupport ketahanan pangan di OKU dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

BACA JUGA:Diduga Mencuri 4 Tandan Sawit, Irawan Ditangkap di OKU

“Kegiatan ini bertujuan untuk bisa meningkatkan perekonomian. Dan utamanya menciptakan Indonesia miliki ketahanan pangan yang luar biasa,” sambungnya.

Diakui Dandim saat ini memang ada beberapa kendala yang dihadapi yakni saat ini musim kemarau  dan anomali cuaca terjadinya elnino yang sangat berpengauh dalam budidaya ikan gabus.

“Cukup berdampak ada beberapa kolam yang kering, tapi kita terus berupaya dan berusaha bekerjasama dengan Pemda OKU dan kelompok budidaya ikan gabus Karya Mandiri akan membuat pompa air yang bisa mensupport kolam-kolam ini agar tetap terisi air,” imbuhnya.

Disinggung soal pemanfaatkan lahan tidur di OKU, Dandim mengatakan pihaknya akan terus berusaha berkoordinasi dengan pemkab OKU dan pihak terkait.

BACA JUGA:Harga Naik, Penjualan Anjlok 50 Persen

Apabila ada lahan tidur yang bisa kita berdayakan atau berdaya guna akan kita manfaatkan untuk meningkatkan ketahanan pangan di OKU. “Kami terus berkomunikasi dengan pemerintah daerah,” lanjutnya.

Dandim menambahkan, wilayah Kodim 0403 OKU ini terdiri dari 3 kabupaten yakni OKU, OKU Timur dan OKU Selatan.

Jika di OKU, Kodim 0403 OKU melakukan program budidaya ikan gabus, ada juga jagung dan ubi meski lahannya tidak terlalu luas.

Di OKU Selatan kita fokus ke Jagung dan mencoba memanfaatkan hasil dari Danau Ranau yakni budidaya ikan.

BACA JUGA:Di OKU Ada Kampung Tertib Berlalulintas Area Kawasan Perumahan, Untuk Apa?

“Dan di OKU Timur disana banyak sawah yang menghasilkan padi bahkan bisa dikatakan terbesar di Sumsel,” pungkasnya. (gsm)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: