Inilah yang Terjadi Pada Tubuhmu Jika Kamu Sering Melupakan Sarapan Pagi

Inilah yang Terjadi Pada Tubuhmu Jika Kamu Sering Melupakan Sarapan Pagi

ilustrasi--

OKES.NEWS - Sarapan merupakan bagian terpenting untuk memulai aktifitas di pagi hari yang sering dilupakan oleh sebagian orang.

Pasalnya tubuh membutuhkan energi yang cukup untuk mengawali aktifitas yang padat dan melelahkan seharian, seperti belajar di sekolah ataupun bekerja di kantor.

Sarapan pagi di jam 6 hingga 9 pagi membantu tubuh bekerja dengan fisik yang lebih optimal dan terhindar dari kelelahan di pukul 10 hingga jam makan siang.

Sarapan yang cukup telah terbukti dapat meningkatkan konsentrasi saat melakukan pekerjaan.

Melansir dari laman media sosial dr Sung, tujuan utama sarapan bukan untuk membuat kita menjadi kenyang, namun untuk memenuhi nutrisi harian, dengan memulai kegiatan sehari-hari pada pagi hari. 

BACA JUGA:Samsat OKU Bantah Beredarnya Broadcast Razia STNK [HOAX]

Dr Sung mengungkapkan bahwa mungkin tubuh akan bisa beradaptasi dengan tidak sarapan di pagi hari, namun seiring berjalannya usia, tubuh akan mudah merasakan lemas, dan pusing, hingga rambut lebih cepat memutih yang disebabkan oleh terkurasnya energi di pagi hari dan tidak terisi nutrisi dengan baik.

Selanjutnya dr Sung menyatakan, sarapan yang baik yaitu dengan memperhatikan nutrisi yang terkandung dalam sarapan seperti vitamin, mineral, karbohidrat juga protein, bukan hanya gula.

Menurut ahli gizi, jika kita sarapan, tubuh tidak akan menyimpan sarapan sebagai lemak, melainkan sebagai sumber energi yang digunakan untuk beraktifitas.

Namun, jika kita tidak sarapan dapat menjadi pemicu konsumsi makanan yang berlebih pada siang harinya, hal ini beresiko obesitas atau kegemukan meningkat, diabetes meningkat, hingga meningkatkan resiko penyakit jantung koroner.

Apabila kita tidak sarapan, otak tidak mendapat cukup nutrisi untuk bekerja secara optimal, sebab kekurangan glukosa untuk menjalankan fungsinya, sehingga hal tersebut dapat menurunkan fungsi kognitif dari otak dan mempengaruhi konsentrasi saat beraktifitas.

BACA JUGA:Cara Mengatasi MAPS Minecraft MOD Mojang Studio Gagal Dibuka di Android dan PC

Dr Tirta juga mengungkapkan bahwa jika kita melewati sarapan, dapat menyebabkan asam lambung meningkat, gerd, serta tubuh akan mengalami kelelahan yang ditandai dengan mengantuk di jam 10 pagi hingga siang harinya. 

Untuk mencegah hal-hal buruk di atas terjadi, jaga pola makan dengan sarapan yang teratur. (us)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: