Manfaat Daun Keji Beling Obat Alami Ampuh Atasi Kencing Batu

Manfaat Daun Keji Beling Obat Alami Ampuh Atasi Kencing Batu

Tangkapan layar-Ist -

OKES.NEWS - Daun keji beling, juga dikenal sebagai kecibeling atau pecah beling, bukan hanya digunakan sebagai pagar atau pembatas kebun sebagai tanaman hias ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan. 

Daun keji beling mengandung sejumlah zat kimia penting, seperti kalium, natrium, kalsium, alkaloid, saponin, flavonoid, dan polifenol. 

Kombinasi kandungan kimia ini bekerja secara sinergis untuk menghambat aktivitas enzim alfa glukosidase.


Ilustrasi--

Manfaat yang signifikan dari daun keji beling adalah kemampuannya dalam membantu mengatasi masalah kencing batu atau batu kandung kemih. 

Caranya cukup mudah, yakni dengan merebus 8-10 lembar daun keji beling dan mengonsumsi air rebusannya secara rutin setiap hari.

BACA JUGA:Pemberian Vitamin A di OKU Capai Target

Dengan mengandung senyawa-senyawa tersebut, daun keji beling dapat memberikan efek diuretik yang membantu meningkatkan produksi urine. 

Selain itu, kemampuannya dalam menghambat aktivitas enzim alfa glukosidase dapat membantu mengurangi pembentukan batu kandung kemih atau menghancurkan batu yang sudah ada.

Karena mengandung banyak kalsium karbonat, daun keji beling dianggap sebagai peluruh batu empedu. 

Karena itu, air rebusannya yang sedikit basa membantu memperlancar buang air kecil dan membantu meluruhkan batu empedu melalui urin.

Daun keji beling tidak hanya bermanfaat sebagai peluruh batu empedu, tetapi juga terbukti dapat membantu mengatasi diabetes melitus dan mengobati wasir. 

Kandungan aktif dalam daun keji beling dapat mengontrol gula darah penderita diabetes dan meredakan wasir. 

Dengan demikian, daun keji beling dapat menjadi pilihan alami untuk membantu menangani beberapa kondisi medis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: