Awas! Bahaya Gigi Berlubang, Dampaknya Bisa Fatal Bahkan hingga Kematian

Awas! Bahaya Gigi Berlubang, Dampaknya Bisa Fatal Bahkan hingga Kematian

ilustrasi sakit gigi-ist-

OKES.NEWS - Gigi berlubang merupakan masalah yang setiap orang pasti pernah mengalaminya. Entah itu ketika kecil atau telah dewasa.

Melansir dari web Kemenkes, gigi berlubang disebabkan oleh penumpukan bakteri di mulut akibat sering mengonsumsi makanan manis dan tidak menjaga kebersihan mulut.

Ternyata, dampak dari gigi berlubang bisa berakibat fatal bagi tubuh, sebab dapat menyebabkan kematian.

Salah satu kasus yang dibahas oleh Dokter Gigi Gelar S. Ramdhani, pada postingan akun media sosialnya, membahas mengenai seorang ibu yang anak bujangnya berusia 18 tahun meninggal dunia akibat ada bakteri yang masuk ke jantungnya lewat gigi.

BACA JUGA:Ini Dampak Buruk Bagi Kesehatan Jika Kamu Suka Tidur Sesudah Makan

“Assalamualaikum dok, anak bujang saya usia 18 thn meninggal karena ada bakteri masuk ke jantung, kata dokternya masuk lewat gigi.. kok bisa ya” tulis hilda_wr

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gigi berlubang merupakan hasil dari penumpukan bakteri.

Drg Gelar S. Ramdhani, menjelaskan bahwa masuknya bakteri dari gigi ke jantung disebabkan oleh pembuluh darah yang terhubung dari gigi. Sehingga bakteri tersebut dibawa oleh pembuluh darah dan memasuki jantung.

Drg Ramdhani juga menjelaskan gigi berlubang yang tidak dirawat, dan tidak dibersihkan atau ditambal dan dibiarkan begitu saja, dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

BACA JUGA:Tips Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Kambuh Tiba Tiba!

Bakteri yang banyak dapat memasuki pembuluh darah yang kemudian terbawa dalam aliran darah, hingga masuk ke jantung. Kemudian, terjadi penumpukan bakteri di jantung dan menyebabkan infeksi di jantung.

Terutama saat kondisi tubuh kita menurun, bakteri tersebut akan lebih mudah menginfeksi jantung, dan menyebabkan komplikasi lainnya.

Jadi sebaiknya kita berhati-hati dan jangan menganggap sepele masalah gigi berlubang, segera periksa ke dokter gigi jika anda memiliki gigi berlubang, untuk segera ditambal atau dicabut.(us)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: